Home BANTEN Selokan dan Irigasi Bakal Bersih, Kampung Pasir Dibuat Asri

Selokan dan Irigasi Bakal Bersih, Kampung Pasir Dibuat Asri

0
SHARE

KIBIN – Warga RW 001, Kampung Pasir, Desa Ketos, Kecamatan Kibin, memfokuskan kegiatan gotong royong kebersihan lingkungan mereka. Warga RW itu pun telah mendapat imbauan agar menempatkan tanaman dalam pot di halaman depan rumah mereka sebagai upaya membuat lingkungan mereka hijau dan asri.

Kebersihan lingkungan di RW 001, Kampung Pasir, menurut Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Ketos Agus Joko Suwanto, ialah membersihkan selokan di tiap rumah warga serta saluran irigasi di dekat persawahan di Kampung Pasir. Saat ini, saluran pembuangan dan air pertanian di kampung tersebut dipenuhi sampah dan tanah endapan lumpur akibat kemarau panjang.

Pemajangan tanaman dalam pot di pekarangan depan rumah warga, lanjut Agus, tidak hanya untuk penghijauan. Tetapi, juga untuk menanamkan pola hidup sehat kepada warga Pasir.

Kegiatan yang akan menjadi fokus warga Pasir, jelas Agus, berdasarkan kesepakatan warga setelah mendapat sosialisasi Lomba Kampung Bersih dan Aman dari Pemerintah Desa Ketos sekira satu bulan lalu. Warga Pasir disebutkan antusias menyambut lomba dengan tagline ‘Kampungku Bersih Kampungku Aman’ itu.

“Kita bakal fokus kebersihan dan penghijauan dulu,” tegas Agus kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Selasa (17/9).

Perkampungan itu memiliki luas sekira satu hektare. Penduduknya, 600 jiwa dari 200 kepala keluarga (KK). Kampung Pasir dinilai layak mengikuti lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten karena warganya, ungkap Agus, sudah memiliki kesadaran pola hidup bersih dan sehat sejak lama.

“Jadi, sosialisasinya mudah. Terus, warganya juga antusias,” tutur Agus.

Ia berjanji, Pemerintah Desa Ketos akan segera melanjutkan pembahasan tentang keikutsertaan Kampung Pasir pada Lomba Kampung Bersih dan Aman bersama warga. “Minggu depan, kita bakal mulai gotong royong bersihin selokan,” tegasnya.

Agus mengakui, Kampung Pasir belum bisa memenuhi empat persyaratan lomba. Yakni, setiap RW harus memiliki sistem keamanan lingkungan (siskamling), tempat pembuangan sampah (TPS), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan.

“Kita baru punya siskamling. Tingkat keamanannya terjamin,” tandasnya.

“Nanti, (persyaratan lomba-red) kita lengkapi semuanya. Yang penting, warganya kompak. Kebersihan bagus dan lingkungan asri,” tambah Agus.

Ketua RT 02 RW 001, Kampung Pasir, Soleh Sumali memastikan jika warganya kompak dan siap bergotong royong membersihkan lingkungan mereka. Bahkan, warga bersama pemuda Kampung Pasir sudah rapat membahas rencana membersihkan saluran irigasi pada minggu depan.

“Setelah dapat sosialisasi dari desa, warga langsung rapat lagi supaya pas gotong royong banyak yang ikut,” katanya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here