Home OLAHRAGA Pra PON XX/2020 Cabor Tinju: Dapat Tiket PON, Sofi Tembus Semifinal

Pra PON XX/2020 Cabor Tinju: Dapat Tiket PON, Sofi Tembus Semifinal

0
SHARE
PELUANG MEDALI: Sofi Rosalia Mofu (kanan) berhasil lolos ke PON XX/2020 usai mampu menembus semifinal Pra PON cabor tinju. FOTO: Bio

SATU tiket berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 di Papua diraih cabor tinju melalui petinju putri Sofi Rosalia Mofu. Kepastian itu didapat setelah Sofi yang tampil di kelas 57 Kg putri memastikan langkah ke semifinal babak kualifikasi PON XX/2020 Papua yang berlangsung di GOR Kie Raha Kota Ternate, Maluku Utara, Senin, (23/9).

Hasil itu didapat setelah Atlet Banten itu berhasil mengalahkan petinju dari Sulawesi Utara Pricilia Harimasa di partai 8 perempatfinal. Meski masih akan berlaga untuk gelar juara dipastikan Sofi lolos karena jika petinju asal Kota Tangerang kalah maka di olahraga tinju tidak ada perebutan juara ketiga.

Selain itu menurut ketentuan dari Pengurus Besar (PB) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) diputuskan petinju 4 besar wajib berlaga di Papua.

“Karena ada juara 3 bersama. Maka kalaupun Sofi kalah di 4 besar dia sudah dipastikan berlaga di PON dan sudah meraih target KONI Banten yakni 3 besar. Jadi posisi dia sudah aman,” ujar Wakil Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Pertina Banten Raymond kepada Satelit News, kemarin.

Di partai semifinal, Sofi akan bertemu petinju tuan rumah PON Papua, Cristina Jumbay. Laga keduanya berlangsung hari ini (24/9) di venue yang sama. Raymond optimis atletnya mampu meraih hasil maksimal di laga 4 besarnya.

“Sofi ini sebenarnya petinju berkelas. Dari awal pertandingannya dia selalu meraih kemenangan dengan angka mutlak lawannya tidak imbang saat menghadapi Sofi. Di semifinal saya yakin dia bisa menang. Tapi tetap saya instruksikan dengan dia supaya tidak lengah. Peluang emas masih sangat terbuka untuk Sofi,” katanya.

Pada ajang ini ada 4 petinju Banten yang berhasil melangkah ke babak 8 besar selain Sofi Rosalia Mofu. Mereka yakni Michael Romroman kelas 60 Kg Putra, Michel Sa’ada kelas 69 Kg putra dan Marjuki Panggabean kelas 91 Kg. Keempatnya merupakan petinju dari Kota Tangerang.

Michael Romroman di partai 8 besar akan menghadapi Matius Mandiangan dari DKI Jakarta dan Michael Sa’ada melawan Gusti Sinndasana dari Kalimantan Selatan. Keduanya sudah bertanding kemarin malam. Namun hingga berita ini selesai dibuat laga masih berlangsung. Sedangkan, Marjuki Panggabean bertanding hari ini menghadapi petinju dari Kalimantan Timur.

Pada Pra PON Tinju Banten mengirim 8 atlet terbaiknya. Sayang, 4 diantaranya yakni Ari Rudi kelas 56 Kg putra, Ardi Wibowo kelas 52 Kg putra, Indri kelas 45 Kg Putri, Raga Darmala kelas 75 Kg Putra dan Fajar kelas 81 Kg putri kalah terlebih dulu. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here