Home TANGERANG HUB Relawan Bersihkan Sampah di Hulu Cisadane

Relawan Bersihkan Sampah di Hulu Cisadane

0
SHARE
BERSIH-BERSIH: Sejumlah relawan menyusuri hulu Sungai Cisadane dengan mengambil sampah pada kegiatan World Clean Up Day, Senin (23/9). FOTO: Abdul Aziz/Tangerang Ekspres

Sungai Cisadane menjadi sumber air warga Tangerang. Ketersediaan air bersih yang diolah sejumlah perusahaan air minum diambil dari sungai ini. Belakangan kualitas airnya terus menurun akibat banyaknya sampah dan limbah yang dibuang ke sungai yang berhulu di Bogor, Jawa Barat.

Sejumlah relawan turun langsung membersihkan hulu Sungai Cisadane di Caringin Bogor, Senin (22/9). Kegiatan ini diprakarsai PT Multi Bintang Indonesia Tbk bersama warga sekitar Sungai Cisadane.

Dikatakan  Ika Noviera, Coorporate Affair Director Multi Bintang, inisiatif pengambilan sampah di hulu Sungai Cisadane merupakan kolaborasi Multi Bintang dengan klub Arung Jeram Cisadane dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara dengan tujuan melindungi sumber air sungai Cisadane.

“Limbah yang ada di sungai Cisadane sekitar 84% berasal dari sampah domestik,” kata Ika kepada Tangerang Ekspres.

Sampah yang diambil di hulu sungai Cisadane, kata Ika, disortir lalu dipindahkan ke fasilitas daur ulang. “Sampah hasil dari sungai Cisadane yang terkumpul hingga berton-ton,” ungkapnya.

Selain itu, peningkatan ancaman deforestasi mengakibatkan erosi tanah yang semakin memperburuk kualitas air. Maka, Kegiatan bersih-bersih sungai Cisadane sepanjang 7,5 km dibagian hulu akan berdampak pada orang yang tinggal di sekitar sungai.

“Sungai ini telah menjadi sumber kehidupan bagi banyak orang dan kami percaya dengan gerakan kecil yang dilakukan bersama dengan komunitas sekitar akan menghasilkan efek yang besar dalam melindungi sumber air,” papar Ika.

Senada dikatakan Fakri Wahyudi, Kepala Bidang Tata Air Dinas PUPR Kota Tangerang, kondisi sungai Cisadane saat ini berada di tahap tiga yang berarti kondisinya cukup parah. Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak bukan hanya pihak pemerintah untuk bersama-sama menjaga sungai Cisadane.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here