Home TANGERANG HUB Job Fair Prioritaskan Warga Lokal

Job Fair Prioritaskan Warga Lokal

0
SHARE
PEMBUKAAN: Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli (kedua dari kiri) didampingi Kadisnaker, Jarnaji (kiri) memukul gong tanda dibukanya Job Fair 2019 di Lapangan Bugel Kecamatan Tigaraksa, Selasa (24/9). FOTO: Humas Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Para pecari kerja (Pencaker) menyerbu 7.425 lowongan kerja yang dipamerkan Pemerintah Kabupaten Tangerang, dalam bursa lowongan 2019. Mulai 24 hingga 26 September,  dengan menghadirkan 32 perusahaan pameran lowongan kerja dilaksanakan di Lapangan Bugel, tepatnya di samping Tugu Tiga Arya di Jalan Syech Mubarok, Puspemkab Tangerang, Selasa (24/9).

Dari data pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang, terdapat 23.559 orang dengan dominasi tertinggi tingkat pendidikan SMA sederajat sebanyak 18.947 orang. Data tersebut diambil berdasarkan para pembuat layanan kartu pencari kerja. Sedangkan, jumlah pencari kerja sudah berhasil ditempatkan hanya 645 orang dari 905 lowongan.

Wakil Bupati Tangerang, Mad Romli mengatakan, perusahaan yang mengikuti bursa lowongan kerja dapat menyerap warga lokal yang masih menganggur. Ia berharap para pencaker yang sudah diterima dapat memberikan prestasi kinerja yang optimal.

“Saya berharap Job Fair kali ini bisa menyerap tenaga kerja lokal yang masih menganggur. Serta, perusahaan harus melaporkan perkembangan penerimaan dari job fair kepada dinas terkait,” kata pria yang akrab di sama H. Ombi.

Para pencari kerja sebelumnya diharuskan mendaftarkan dan mengisi biodata pada halaman www.jobfair.tangerangkab.go.id. Sehingga, data pencari kerja yang menjadi peserta bursa lowongan dapat dengan diketahui jumlah yang sudah diterima.

Sedangkan bagi pencari kerja yang belum sempat mendaftar melalui halaman online, dapat mendaftar melalui perangkat komputer yang disediakan di lokasi. Dengan dipandu operator dari disnaker yang sudah disiapkan untuk membantu para pencari kerja melakukan pendafataran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Jarnaji mengatakan, pameran lowongan kerja dapat menyerap 7 ribu pekerja. Ia mengungkapkan, hasil penyerapan tenaga kerja dari pameran akan dievaluasi walaupun penyerapan sudah mencapai 100 persen.

“Jumlah pencari kerja yang mendaftar melalui online sampai dengan hari ini tercatat sebanyak 10.918 orang. Jadi, pameran ini mendapat respon positif dari para pencari kerja dan warga. Kita mengharapkan, perusahaan mendapatkan pekerja impiannya dan sebaliknya,” ungkapnya.

Kata dia, perusahaan yang mengikuti bursa lowongan kerja sebanyak 32 perusahaan. Jumlah tersebut, menurutnya, melebihi dari jumlah target semula 30 perusahaan dengan membuka 7.425 lowongan pekerjaan.

“Kita optimis para pencari kerja memiliki kompetensi yang sesuai dengan spesifikasi perusahaan. Karena, kita menghadirkan perusahaan yang memiliki kompetensi serta menjanjikan masa depan cerah untuk pekerja,” sebutnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here