Home TANGERANG HUB Pemkab Tangerang Raih Penghargaan SP4N-Lapor

Pemkab Tangerang Raih Penghargaan SP4N-Lapor

0
SHARE
TERIMA PENGHARGAAN: Asisten Daerah Bidang Administrasi Kabupaten, Yani Sutisna (kelima dari kanan) foto bersama Menpan RB Syafruddin (tujuh dari kanan) usai menerima penghargaan, di Jakarta. FOTO: Humas Kab Tangerang for Tangerang Ekspres

TANGERANG–Langkah Pemkab Tangerang terhubung dengan website pengaduan lapor.go.id berbuah prestasi. Sebab, baru 5 bulan berjalan, sudah menuai penghargaan dari Kemanpan-RB.

Penghargaan itu, karena Pemkab Tangerang dinilai sukses melayani aduan warga lewat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi Pelaporan Online Rakyat (SP4N-Lapor).

Penghargaan ini juga diterima tiga provinsi dan dua kabupaten lain. Yakni Pemprov Bali, Yogyakarta dan Sumatera Barat, serta Kabupaten Badung dan Sleman.

Dalam siaran persnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin mengatakan, pengaduan secara online sesuai dengan peraturan presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik. Ia mengungkapkan, sudah bekerjasama untuk penguatan kapastitas server dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan The Korea International Cooperation Agency (KOICA).

“Para pihak bekerja sama berdasarkan prinsip timbal balik dan persetujuan bersama mengembangkan rencana induk dan peta jalan aplikasi SP4N-Lapor yang komprehensif. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi peningkatan kualitas kebijakan serta peningkatan kapasitas SDM,” ujarnya, di Hotel Grand Hyatt Jakarta di Jalan M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Kata dia, kerja sama dengan lembaga tersebut berlangsung hingga 2022 dengan berbagai bentuk. Mulai dari pelatihan bagi pemerintah pusat hingga pelatihan untuk pemerintah daerah. Serta, kampanye dan lokakarya publik untuk pemerintah dan warga.

“Saya berterima kasih kepada UNDP dan KOICA serta semua pihak atas kontribusinya yang sudah kita hasilkan ini,” ucap Syafruddin.

Adapun penilaian itu berdasarkan, asesmen dan audiensi yang di laksanakan pada tahun 2018 dan 2019 dengan dukungan pimpinan daerah. Lalu, penilaian sarana dan prasarana serta keterampilan sumber daya manusia. Hingga, sebaran pelaporan warga secara geografis.

Asisten Bidang Administrasi Kabupaten Tangerang, Yani Sutisna mengatakan, penghargaan dihasilkan atas kerja sama serta sinergi yang baik dari setiap instansi. Utamanya, dalam memberikan pelayanan dan merespon keluhan warga secara cepat dan tepat.

“Semoga pelayanan terus meningkat dengan adanya penghargaan ini. Sehingga warga dapat lebih merasakan manfaatnya,” terangnya.

Senada, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang, Tini Wartini menyampaikan, SPAN-Lapor yang dikelola pemerintah daerah sudah berjalan dan terhubung di 62 Organisasi Perangkat Dearah (OPD). Adapun pelaporan yang sudah masuk mencapai 713 dimana sekira 85% sudah selesai di tanggapi.

”Semoga dengan ini dapat meningkatkan pelayanan publik serta bisa meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang lebih sigap dalam menanganinya.” pungkasnya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here