Home TANGERANG HUB Menjaga Persatuan dengan Budaya

Menjaga Persatuan dengan Budaya

0
SHARE
MENARI: Warga Papua yang ada di Kota Tangerang menampilkan tarian khas Papua pada kegiatan Kitorang Cinta Papua yang digelar di lantai 1 TangCity Mall, Rabu (25/9). FOTO: Randy/Tangerang Ekspres

TANGERANG – Polres Metro mengajak warga Papua di Kota Tangerang mengenalkan budaya Papua. Kegiatan yang mengusung tema Kitorang Cinta Papua digelar di lantai 1 TangCity Mall, Rabu (25/9).

Hadir Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Abdul Karim, Dandim 0506/Tangerang Letkol Inf Wisnu Kurniawan, Wadir Binmas Polda Metro Jaya AKBP Gunadi dan Kepala Disbudpar Rina Heraningsih.

Abdul Karim mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk mengenalkan budaya Papua kepada masyarakat Kota Tangerang. Bahwa Papua salah satu bagian budaya yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini sengaja kita gelar untuk mensosialisasikan budaya Papua kepada masyarakat Kota Tangerang. Kita mencoba memberikan kontribusi gambaran kepada masyarakat Kota Tangerang terhadap budaya Papua. Agar masyarakat tahu bahwa budaya Papua itu budaya Indonesia juga,”ujarnya.

Ketika ditanya masalah keamanan warga Papua di Kota Tangerang, Karim mengungkapkan, kejadian yang terjadi di Wamenna Papua tidak berdampak di Kota Tangerang. Bahkan mahasiswa yang ada di Kota Tangerang, masih melakukan kegiatan pembelajaran termasuk ada yang melakukan magang di SD sebagai tenaga pengajar.

“Artinya, kerusuhan yang ada di Wamenna tidak berdampak di Kota Tangerang. Mereka semua fokus terhadap pendidikan yang mereka sedang jalani, kami juga selaku pihak keamanan menjamin kemanan mereka untuk bisa terus beraktifitas seperti yang lain,”ungkapnya.

Karim berpesan, perbedaan budaya maupun hal lainya jangan jadi sebuah perdebatan. Apalagi Papua adalah bagian dari Indonesia, dimana banyak sekali ragam budaya yang dimiliki.

“Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang, apa yang sudah kita jaga selama ini tolong dipertahankan, artinya semua suku budaya yang ada di Kota Tangerang tetap dijaga karena kita adalah Indonesia,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rina Hernaningsih menuturkan, adanya kegiatan ini bisa mempererat persatuan Indonesia terutama di Kota Tangerang bisa bersatu dengan warga Papua. Dimana warga Kota Tangerang bisa bersama-sama menjaga budaya dengan warga Papua untuk saling menjaga satu sama lain.

“Kota Tangerang ini adalah miniatur Indonesia, banyak sekali budaya yang ada, mulai dari budaya Nias, Cina serta Papua. Itu bentuk kesatuan yang ditunjukan oleh masyarakat Kota Tangerang. Tidak ada perbedaan, bahkan saling menjaga satu sama lain,” tutupnya. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here