Home TANGERANG HUB 5 Pejabat Berebut Kursi Sekda

5 Pejabat Berebut Kursi Sekda

0
SHARE

KOTA TANGERANG-Pendaftaran seleksi calon Sekda Kota Tangerang ditutup. Lima pejabat mendaftar. Mereka akan bersaing untuk memperebutkan kursi sekda. Lima pejabat itu adalah, Engkos Zarkasyih (Kadispora), Herman Suwarman (Kadisperindag), Irman Pujahendra (Kepala BPBD), Said Endrawiyanto (Kepala Bapenda) dan Tatang Sutisna (Kadis Perkim).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang Ahmad Lutfi mengatakan, tim panitia seleksi (pansel) telah menetapkan lima peserta ikut seleksi Sekda. Keputusan itu dituangkan dalam surat Nomor 800/11-PanselJPTP/IX/2019, yang menyatakan lulus seleksi administrasi.

“Berdasarkan hasil penilaian dari panitia seleksi, saat ini ada lima calon peserta yang telah ditetepkan untuk ikut dalam seleksi Sekda. Tinggal seleksi tahap berikutnya yang akan dilakukan oleh panitia seleksi,” ujarnya saat dikonfirmasi Tangerang Ekspres, Sabtu (28/9). Lutfi menambahkan, pendaftaran seleksi calon Sekda Kota Tangerang dimulai sejak 11 September sampai 25 September. Di mana, calon pendaftar ini harus berstatus sebagai PNS, minimal pada tingkat Pemerintah Kota Tangerang atau Kabupaten/ Kota dalam wilayah Provinsi Banten.

Menurut Lutfi, seleksi terbuka ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. “Ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta. Semua persyaratan itu yang memverifikasi pansel,” lanjutnya.

Semantara itu,  Engkos Zarkasyih salah satu peserta seleksi Sekda yang juga menjabat sebagai Kepala Dispora Kota Tangerang mengungkapkan, ikut mendaftar karena memang ada kesempatan. Untuk masalah diterima atau tidak, ia menyerahkan kepada tim seleksi. “Ini kan saya baru daftar, lulus atau tidaknya urusan tim seleksi. Saya tidak tahu menahu. Yang pasti, seleksi calon sekda ini adalah sebuah kesempatan. Di mana saya sebagai pegawai dapat kesempatan untuk mendaftar, maka saya coba,” ungkapnya.

Ketika ditanya masalah persiapan, Engkos masih merahasiakannya. Pasalnya, seleksi sekda tersebut terbuka untuk semua pegawai dan siapa saja bisa ikut mendaftar. “Kalau ditanya masalah kesipan saya, nothing tulus. Semua saya serahkan kepada Allah SWT. Saya hanya menjalankan tugas sebagai pegawai, dimana ada pembukaan seleksi saya ikut daftar penuhi persyaratannya. Sisanya tim seleksi yang akan menentukan. Jadi saya tinggal mengikuti proses yang ada,” pungkasnya.

Kelima kandidat ini akan diuji oleh tim pansel yang di dalamnya dari unsur akademisi dan birokrat. Dari akademisi, pengujinya dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Unitirta), Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) dan Bina Nusantara (Binus). Sementara dari birokrat pejabat dari Pemprov Banten dan bagian Hukum Kemendagri. (mg-9)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here