Home BANTEN Rencana Penataan Barabuntung Dimulai

Rencana Penataan Barabuntung Dimulai

0
SHARE

KIBIN – Warga RT 06 RW 02, Kampung Barabuntung, telah mulai mempersiapkan lingkungannya berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Tembok pembatas kampung mereka telah diwarnai grafiti. Pengecatan dan penghijauan juga akan dilakukan untuk memperindah kampung. Kegiatan itu sesuai petunjuk Pemerintah Desa Cijeruk, Kecamatan Kibin.

“Alasan dipilihnya Kampung Barabuntung karena memiliki sedikit kelebihan. Salah satunya adalah kerapian kampung serta wilayahnya yang tidak terlalu luas,” ujar Pjs Kepala Desa Cijeruk Dulkanan saat ditemui jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Senin (30/9).

Sesuai rencana, tutur Dulkanan, ada beberapa kegiatan untuk mengubah penampilan lingkungan RT 06 RW 02, Kampung Barabuntung. Antara lain, membersihkan dan merapikan saluran air, mengecat jalan lingkungan berkonstruksi paving block, dan membuat artistik tembok pembatas kampung.

“Kita juga akan meminta warga untuk memperindah halaman rumahnya dengan pot bunga. Serta, pemasangan bak sampah di beberapa titik yang ada di Kampung Barabuntung,” jelas Dulkanan.

Dulkanan menekankan pentingnya peran warga dalam meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan rumahnya. “Alhamdulillah, warga di kampung kami sangat antusias adanya lomba ini,” tandasnya.

Ketua RT 06 RW 02, Kampung Barabuntung, Billi menambahkan, bangunan pos ronda di kampungnya telah permanen. Itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan lingkungan Barabuntung. Pos ronda itu tak jauh dari pintu gerbang Kampung Barabuntung.

“Jalan masuk ke kampung kami hanya satu jalur. Karena jalan kampung di ujungnya buntu,” terangnya.

Billi menambahkan, ronda malam biasa dilakukan oleh pemuda kampungnya secara sukarela. Pemuda-pemuda di kampung itu bekerja sebagai buruh pabrik di sekitar Kecamatan Kibin.

“Adanya Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, warga tetap bisa melanjutkan aktivitas kebersihan lingkungan mereka. Meski lomba sudah selesai, (Kampung Barabuntung-red) bisa jadi contoh untuk wilayah lain dan bersaing untuk menjaga lingkungannya agar bersih,” pungkas Billi. (rio/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here