Home PENDIDIKAN Peringati Hari Kesaktian Pancasila, MTs Darussalam Undang TNI

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, MTs Darussalam Undang TNI

0
SHARE
PIMPIN UPACARA: Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sekolah Darussalam Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang dipimpin langsung Serma Bawon, dari Koramil 11/Pasar Kemis, Selasa (1/10). FOTO: M Deden Budiman/Tangerang Ekspres

SINDANG JAYA – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dijadikan MTs Darussalam Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang sebagai salah satu media untuk mendidik, membangkitkan jati diri bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap tanah air di kalangan siswa.

MTs Darussalam Badak Anom memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan mengundang anggota TNI untuk mengenalkan karakter nasionalisme kepada para siswa.

Anggota TNI diundang Serma Bawon Koramil 11/ Pasar Kemis. Dalam acara tersebur, anggota TNI mengajarkan beberapa Gerakan TNI kepada siswa.

“Tujuan acara ini adalah agar siswa-siswi MTs Darussalam Badak Anom sebagai generasi penerus, dapat mengetahui hingga mengamalkan sila-sila Pancasila,” jelas Tarmudi, Kepala MTs Darussalam Badak Anom, Selasa (1/10).

Tarmudi menambahkan, Pancasila merupakan dasar ideologi negara Indonesia, di mana memuat karakter bangsa yang menjadi dasar pembangunan negara demokratis ini. Oleh karena itu, MTs Darussalam Badak Anom tidak lalai dalam menanamkan sila-sila Pancasila dalam usaha edukasi akademis dan karakter siswa-siswinya.

Selain melalui acara peringatan seperti ini, MTs Darussalam Badak Anom juga membawa nilai-nilai dalam Pancasila hingga ke dalam pelajaran akademis dan pembangunan karakter, seperti PPKn, IPS, Bahasa Indonesia, dan Agama.

“Siswa harus mengenal, memahami, dan menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari karena Pancasila adalah dasar negara, pedoman hidup bangsa,” ujar Tarmudi.

Tarmudi menambahkan, para guru di MTs Darussalam Badak Anom, juga percaya bahwa apa yang terkandung dalam Pancasila, yaitu berketuhanan, berbelaskasih, berkeinginan untuk bersatu, bertoleransi, dan senang bergotong royong dapat membawa siswa-siswi kami menjadi pribadi yang hebat, serta menjadi WNI yang berdampak baik terhadap bangsa dan negara di masa depannya.

Dalam acara, siswa telah mempersiapkan berbagai penampilan mencerminkan sila-sila Pancasila untuk menjelaskan sekaligus memberikan contoh dari pengamalan Pancasila.

Penampilan ditunjukkan dalam berbagai penampilan ekspresi kesenian sisiwa mulai dari drama, puisi, menyanyi, dan menari dalam nuansa Indonesia.

“MTs Darussalam Badak Anom berharap dapat mempengaruhi tidak hanya siswa namun juga seluruh masyarakat, terutama generasi penerus, agar dapat berpegang kepada sila-sila Pancasila dan mengamalkannya sehingga dapat menjadi karakter yang melekat pada setiap individu warga negara Indonesia. Demikian Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat,” tutup Tarmudi. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here