Home BANTEN Gondara Diproyeksikan Jadi Kampung Indah nan Hijau

Gondara Diproyeksikan Jadi Kampung Indah nan Hijau

0
SHARE

PULOAMPEL – Pemerintah Desa Puloampel, Kecamatan Puloampel, berencana mengubah lingkungan RW 01, Kampung Gondara, dengan sentuhan seni dan penghijauan. Perkampungan yang berada di areal pertambangan itu akan diubah menjadi lingkungan yang asri dan segar.

Konsep itu mulai diterapkan di perkampungan tersebut. Di beberapa sudut kampung, tembok telah diwarnai lukisan grafiti. Gondara disiapkan untuk menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Kalau kita masuk jalan perkampungan di RW 01 (Kampung Gondara-red), lukisan grafiti terpampang pada dinding penahan tanah,” jelas Gita, staf Pemerintah Desa Puloampel, saat ditemui jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Rabu (2/10).

Gita mengungkapkan bahwa penunjukan Gondara mengikuti perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu karena menjadi pusat Pemerintahan Desa Puloampel. Lingkungan perkampungan itu juga dinilai telah tertata rapi.

“Pihak Desa Puloampel menunjuk RW 01, Kampung Gondara, karena kantor Desa Puloampel berada di Gondara,” tegasnya.

Penghijauan menjadi pilihan, menurut Gita, untuk mengurangi polusi udara di Gondara. “Pihak desa bersama warga akan melakukan penanaman pohon di lingkungan Gondara. Karena, wilayah ini sering berdebu oleh kendaraan pengangkut tambang yang melintasi kampung,” ungkapnya.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan, kata Gita, dilakukan warga Gondara dengan bergotong royong setiap hari Minggu. Warga membersihkan saluran drainase, tempat ibadah, tempat pemakaman umum, dan halaman rumah warga. “Saluran drainase juga akan dicat,” tambahnya.

Warga Gondara, Eri Jawariyah, mengaku, dirinya menyambut baik keputusan Pemerintah Desa Puloampel yang menunjuk kampungnya untuk mengikuti perlombaan tersebut.

“Selaku ibu rumah tangga, setiap hari, saya rutin membersihkan halaman rumah. Ya agar lingkungan bersih dan sehat,” tegasnya. Dengan lomba ini, warga Gondara sadar untuk menjaga kebersihan lingkunganya agar sehat dan tertata rapi,” ungkapnya.

Keamanan lingkungan di Gondara cukup terjaga. Warga rutin ronda malam. Dua kali dalam sebulan, pengurus RT dan RW di Gondara juga aktif berkordinasi dengan anggota bhabinkamtibmas dan babinsa di Kecamatan Puloampel. (jay/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here