Home BANTEN Semangat Gotong Royong di Masigit Diharapkan Tumbuh Lagi

Semangat Gotong Royong di Masigit Diharapkan Tumbuh Lagi

0
SHARE

KOPO – Ketua RW 05, Kampung Masigit, Subhan mengaku, tidak punya target muluk dari keikutsertaan lingkungannya pada Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Ia cuma berharap, perlombaan ini bisa menumbuhkan kembali kegiatan gotong royong di kampungnya. Budaya tersebut tak hanya membuat lingkungan bersih. Namun, bisa mempererat tali silaturahmi antarwarga di salah satu kampung di Desa Carenangudik, Kecamatan Kopo tersebut.

“Target utama kami adalah mengembalikan antusiasme warga dalam melakukan kegiatan kerja bakti yang dulunya rutin dilakukan. Sejak beberapa tahun, kegiatan ini semakin menurun. Karena itu, lomba ini saya berharap bisa membangkitkan semangat warga dalam mengikuti kegiatan kerja bakti,” kata Subhan kepada jurnalis Banten Raya TV (grup Radar Banten), Selasa (1/10).

Menurut Subhan, alasan Pemerintah Desa Carenangudik menunjuk RW 05, Kampung Masigit, karena infrastrukturnya lebih siap dibandingkan kampung lain di desa itu. “Kampung Masigit sudah lebih siap dari segi infrastrukturnya. Selain itu, warganya juga lebih siap untuk mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman, hanya tinggal melakukan beberapa pembenahan lagi,” ujarnya, seraya menerangkan bahwa kampungnya juga menjadi gerbang bagi warga Tangerang yang akan memasuki wilayah Kabupaten Serang dan Kabupaten Lebak melalui jalan alternatif yang melintasi Masigit.

Subhan mengaku, ada beberapa bagian kampung yang akan dibenahi. Di antaranya, membersihkan sarana umum seperti jalan utama.  “Warga yang rumahnya di pinggir jalan utama juga diminta untuk memperindah halamannya dengan meletakkan pot bunga agar membuat suasana kampung lebih asri,” imbaunya.

Dari sisi keamanan, kata dia, pos kamling di Masigit akan dipindah. Seiring dengan itu, kegiatan siskamling akan diaktifkan kembali.

Sementara itu, Ketua RT 014, RW 05, Kampung Masigit, Dulsaid mengakui, kegiatan gotong-royong atau kerja bakti juga menunjukkan kekompakan warga. “Pada lomba ini, Kampung Masigit tidak menargetkan juara. Munculnya kembali semangat warga akan pentingnya gotong royonglah yang menjadi tujuan utama,” tukasnya. (rio/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here