Home TANGERANG HUB Targetkan Raih Swasti Saba Wistara

Targetkan Raih Swasti Saba Wistara

0
SHARE
PEMAPARAN: Sekda Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid (tengah) menjelaskan program unggulan Pemkab Tangerang, dihadapan tim pembina kota/kabupaten sehat di Ruang Rapat Wareng, Puspemkab Tangerang, Kamis (3/10). FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Seleksi kota sehat di seluruh kabupaten/kota sudah berkunjung ke pemerintah daerah salah satunya melakukan penilaian. Berbagai program strategis Pemkab Tangerang mengenai kebersihan dan lingkungan dipaparkan. Mulai dari sanitasi sekolah (Sanisek), sanitasi pondok pesantren (Sanitren), kurangi sampah kantor (kurasakan), kurangi sampah sekolah kita (kurasaki) hingga gerakan bersama rakyat berantas kawasan kumuh dan miskin (Gebrak Pak Kumis).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, program unggulan sudah tertuang di Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pada 2019 hingga 2023. Sehingga, mewujdukan kabupaten sehat menjadi program prioritas pemerintah dearah sampai lima tahun mendatang.

“Kiat fokus pada peningkatan kesehatan warga dengan ada beberapa kegiatan diantaranya, Sanitren hingga Sanisek. Kalau Gebrak Pakumis ditambah plusnya, artinya, sampai lima tahun ke depan berfokus pada pembangunan wilayah bukan saja rehab rumah,” tuturnya dihadapan panitia kota sehat Kemenkes RI di Ruang Rapat Wareng, Kamis (3/10).

Maesyal menegaskan, pada visi dan misi Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar pada periode keduanya lebih banyak terkait dengan peningkatan kesehatan warga. Serta, membangun kawasan yang tumbuh secara ekonomi dan mandiri.

“Mewujudkan Tangerang yang sehat, cerdas, religius dan sejahtera menjadi fokus kinerja Pemkab Tangerang hingga lima tahun kedepan,” kata pria yang akrab disapa Rudi Maesyal.

Ia mengungkapkan, program unggulan Pemkab Tangerang, mendapat sambutan dan antusias publik baik di daerah maupun tingkat nasional. Kata Maesyal, hampir setiap minggu selalu ada undangan kepada bupati untuk turut memeberikan paparan mengenai program unggulan Pemkab Tangerang.

Measyal mengungkapkan, Pemkab Tangerang sudah mendapatkan predikat Swasti Saba Padapa serta Wiwerda. Adapun, untuk tahun ini, Pemkab optimis menargetkan untuk meraih penghargaan Swasti Saba Wistara.

“Terpenting untuk Kabupaten Tangerang berdasarkan amanah dari Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati adalah bagaimana caranya agar warga dapat hidup sehat dan pintar,” tegasnya.

Menanggapi, ketua tim kabupaten/kota sehat, Trisno Subarkah mengatakan, predikat Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan tertinggi sebagai daerah sehat. Penilaiannya dilaksanakan pada dua tahun sekali mulai dari ingkat pemantapan (padapa), pembinaan (wiwerda) dan pengembangan (wistara).

“Semoga apa yang diharapkan Pemkab Tangerang untuk mendapatkan predikat Swasti Saba Wistara bisa terwujud. Nantiu, hasil penilaian akan kita umumkan kepada publik,” jelas Trisno. (rls/mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here