Home PENDIDIKAN Cegah Karies, Siswa TK dan PAUD se-Kecamatan Tigaraksa Diajarkan Cara Sikat Gigi

Cegah Karies, Siswa TK dan PAUD se-Kecamatan Tigaraksa Diajarkan Cara Sikat Gigi

513
0
SHARE

TIGARAKSA – Ada suasana berbeda di Halaman Kantor Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Sabtu pagi, (5/10). Para pelajar TK dan PAUD se-Wilayah Puskesmas Tigaraksa diajarkan cara sikat gigi yang baik dan benar.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran sejak dini kepada siswa dalam menjaga kebersihan gigi. Pihak Puskesmas Tigaraksa menyiapkan sikat dan pasta gigi untuk 700 siswa, mereka berbaris di lapangan Kecamatan Tigaraksa.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg. Eko Hartati, mengungkapkan, tujuan kegiatan ini guna membiasakan dan menjaga kesehatan gigi anak. Sekaligus bentuk mencegah karies atau penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Karies menyebabkan gigi berlubang. Sebelum menyikat gigi, para siswa mendapat arahan oleh dokter gigi dari Puskesmas Tigaraksa.

“Anak seusia mereka rentan mengalami kerusakan gigi, bolong giginya hingga sakit. Semoga dengan dibiasakan sikat gigi sejak dini, mereka akan terhindar dari karies,” ujar drg. Eko Hartati, yang ditemui saat kegiatan berlangsung.

Sementara itu, Camat Tigaraksa, Rahayu menjelaskan, acara ini memiliki tujuan mengajarkan kepada anak untuk mengikuti pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kesehatan anak menjadi fokus perhatian kita saat ini. Untuk itu, kita perlu mengajarkan kepada anak usia dini pola hidup bersih terutama anak Paud dan TK,” ujar Rahayu.

Menurutnya, pola hidup bersih tentu banyak manfaatnya seperti menghindarkan diri dari berbagai penyakit. Untuk itu kegiatan ini diharapkan bisa bermanfaat dan anak-anak bisa terbiasa mengerjakannya di rumah masing-masing.

Ada tiga cara cuci tangan dan sikat gigi yang benar agar terbebas dari kuman yang menyebabkan sakit perut dan merusak gigi, lanjut Rahayu, pertama mencuci tangan setiap selesai melaksanakan aktifitas seperti selesai bermain, memegang hewan dan BAB, kemudian merawat gigi dengan cara mengosok gigi secara teratur.

Cara yang kedua, menghindari makanan-makanan yang manis seperti permen, coklat dan lain sebagainya, cara yang terakhir rajin memeriksa gigi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali.

Menurut Rahayu, kegiatan ini dilaksanakan untuk mewujudkan Kecamatan Tigaraksa sehat. “Kita akan budayakan hidup bersih dan sehat sejak dini, dengan cara diantaranya mengosok gigi secara teratur,” terang Rahayu. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here