Home PENDIDIKAN STMIK Eresha Sambangi SMK Infomrtika, Berikan Pelatihan Web Server

STMIK Eresha Sambangi SMK Infomrtika, Berikan Pelatihan Web Server

0
SHARE
BERIKAN PELATIHAN: Mahasiswa STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel (berdiri) saat memberikan pelatihan kepada siswa SMK Informatika Ciputat, belum lama ini. FOTO: Fifi/Yesi/Tangerang Ekspres

CIPUTAT – Mahasiswa STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel berkesempatan memberikan wawasan baru kepada siswa SMK Informatika Ciputat, dalam rangka Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM), belum lama ini.

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Pengenalan dan penerapan Web Server Berbasis Linux dan Raspberry Pi’, pemateri memberikan materi dasar bagaimana menerapkan web server berbasis linux, dengan memanfaatkan Raspberry Pi sebagai perangkat keras.

Pada kegiatan PKM ini, mahasiswa STMIK Eresha mengutus beberapa pemateri, diantaranya Ahmad Asep Suhendi, Budianto, Noprianto, Rengga Erlangga, Samsudin, dan Stevanus Satrio, memberikan materi kepada 30 peserta dari siswa SMK Informatika Ciputat, mulai dari kelas X hingga XIII dan beberapa guru yang ikut berpartisipasi.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Asep Suhendi, salah seorang pemateri menjelaskan, Web Server termasuk salah satu layanan server yang paling populer. Kata Asep, melalui Web Server tersebut, web dapat diakses oleh seluruh pengunjung dari internet. Dalam keadaan default, web server berjalan pada protocol HTTP.

Lebih lanjut Asep memaparkan, setelah mendapatkan materi tentang penerapan Web Server, mahasiswa membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk diberikan pelatihan langsung.

“Para siswa begitu antusias saat mengikuti pelatihan penerapan Web Server. Bahkan kemampuan siswa SMK Infomrtika dibidang teknologi cukup bagus,” terang Asep, dalam keterangan tertulisnya.

Ketua LPPM STMIK Eresha Pamulang, Abu Khalid Rivai berharap, kegiatan ini dapat memberikan nilai positif bagi para siswa dan guru-guru SMK Infomrtika untuk mendapatkan pengetahuan, serta dapat diimplemtasikan oleh masing-masing siswa.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada SMK Informatika yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami, dalam memberikan pelatihan,” tegas Abu, yang juga pembimbing PKM STMIK Eresha Pamulang.

Sementara itu, Kepala SMK Informatika, Achmad Buchori, berterimakasih, mahasiswa STMIK Eresha Pamulang yang telah membagi ilmunya kepada siswa SMK Informatika.

“Semoga apa yang diberikan mahasiswa STMIK Eresha Pamulang, dapat bermanfaat bagi siswa kami,” pungkas Buchori. (fifi/yesi/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here