Home TANGERANG HUB Perempatan Duren Bakal Diratakan

Perempatan Duren Bakal Diratakan

0
SHARE
EKPOSE KEGIATAN: Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aries Kurniawan (di tengah) saat mengekspose program perataan jalan perempatan duren, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangsel bakal meninggikan satu ruas jalan di Perempatan Duren, Ciputat. Ini dilakukan untuk membuat perempatan itu lebih rata sehingga saat dilengkapi lampu pengatur lalu lintas mudah dilihat pengguna dari arah yang jalannya menurun cukup tajam.

Jalan yang ditinggikan itu masuk lajur jalan KH Dewantoro yang ada di Perempatan atau Simpang Duren Ciputat. Pekerjaan simpang Duren menggunakan anggaran 2019 dengan nilai kontrak proyek Rp1,855 miliar. Proyek digarap CV Andalan Bersama mulai 10 September hingga 31 Desember.

Plt Kepala Dinas PU Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan, peninggian Jalan KH Dewantoro dilakukan karena Dinas Perhubungan akan memasang traffic light (TL) di Simpang Duren.

“Jalan KH Dewantoro yang menuju Simpang Duren ini kondisi jalannya cukup miring, sehingga kalau TL dibuat dan diaktifkan tidak efektif,” ujarnya kepada wartawan di resto di kawasan BSD City, Serpong, Kamis (10/10).

Aries menambahkan, pekerjaan peninggian Jalan Simpang Duren lokasinya tepat di depan restoran cepat saji Mac-Donald. “Pembangunannya selama satu bulan dan Desember diharapkan sudah selesai,” tamabhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas PU Kota Tangsel Budi Rachmad mengatakan, Jalan KH Dewantoro akan ditutup sejak 7 Oktober sampai 7 November. “Kita imbau masyarakat yang akan melintas Jalan KH Dewantoro untuk mencari jalan alternatif lain,” ujarnya.

Budi menambahkan, kendaraan yang akan mengarah Jalan KH Dewantor atau menuju Ciputat bisa menggunakan arah Jalan Menjangan dan Jalan Merpati. Sedangkan kendaraan yang dari arah Ciputat menuju Simpang Duren bisa melewat Jalan Ciputat Baru.

Pekerjaan peninggian jalan tersebut tujuannya untuk melandaiakan jalan karena ada usulan dari Dishub akan memasang TL di Simpang Durem. “Ini titik macet dan akan dipasang TL, Jalan KH Dewantoro akan kita landaikan dengan kemiringan sekitar 4,8 meter dengan panjang 150 meter dari arah Simpang Duren ke arah Jalan KH Dewantoro,” tambahnya.

Masih menurutnya, sistem pekerjaannya dimulai pekerjaan urugan sampai paling atas akan dibeton. Sebelum proyek dilakukan, Dinas PU sudah melakukan koordinasi kepada warga dengan pemasangan spanduk, RT/RW, Polsek Ciputat dan Polres Tangsel.

“Lebar jalannya tetap 6,5 meter dan mulai Kamis (10/10) malam alat berat mulai tiba dilokasi,” tuturnya.

Selain melandaikan Jalan KH Dewantoro, Dinas PU juga akan membangun gorong-gorong di pertigaan Rawa Buntu. Gorong-gorong ini untuk mengatasi banjir di jalan yang menuju Simpang Viktor. Gorong-gorong akan dibangun supaya menyambung dengan Kali Jaletreng di Taman Kota.

“Kita juga akan membangun jembatan di Kelurahan Bambu Apus di Jalan Haji Taib karean kondisinya sudah keropos,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here