Home PENDIDIKAN PKM STMIK Eresha Pamulang, Ajarkan Membuat Mikrokontroler ATmega328

PKM STMIK Eresha Pamulang, Ajarkan Membuat Mikrokontroler ATmega328

0
SHARE
BERIKAN PENGHARGAAN: Mahasiswa Program Studi Magister Komputer, STMIK Eresha Pamulang, Kota Tangsel memberikan penghargaan kepada guru SMK Islamiyah, Kecamatan Ciputat saat kegiatan PKM, kemarin. FOTO: STMIK Eresha for Tangerang Ekspres

PAMULANG – Lima mahasiswa Program Studi Magister Komputer, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (, Kota Tangsel melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di  SMK Islamiyah, Kecamatan Ciputat.

Kegiatan yang pertama kali digelar di SMK Islamiyah Ciputat ini, menghadirkan mahasiswa lima mahasiswa Pascasarjana diantaranya Habib Nurfaizal, Fahrul Roji, Akhmad Muntasof Europhia, Ragil Nur Iman,  dan Yoko Watanabe Robby Indarko.

Salah seorang peserta PKM STMIK Eresha Pamulang, Habib Nurfaizal menjelaskan, kegiatan yang diikuti 49 orang SMK Islamiyah Ciputat, mengadakan pelatihan dengan tema ‘Pengenalan Mikrokontroler ATmega328 dan Pengaplikasian dalam Kehidupan Sehari-hari’, tidak terlepas dari kerjasama dengan guru SMK Islamiyah Ciputat.

Habib menjelaskan, Board Arduino Uno adalah Board Mikrokontroler (Development Board) yang menggunakan chip mikrokontroler ATmega328 yang fleksibel dan open-source. Software dan hardware relatif mudah di gunakan. Kata Habib, ATmega328 dapat dihubungkan dengan jaringan internet, sehingga dapat melakukan pengendalian perangkat-perangkat elektronik secara jarak jauh yang secara teknologi disebut IoT (Internet of Things).

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, para mahasiswa STMIK Eresha Pamulang berbagi wawasan dan pengetahuan kepada para siswa, tentang cara pengaplikasian sebuah mikrokontroler dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya dalam pelatihan ini, selain memberikan pengenalan mengenai pengaplikasian mikrokontroler, para mahasiswa membantu para siswa dalam kegiatan praktik merangkai project sederhana menggunakan mikrokontroler ATmega328.

“Kegiatan ini salah satu bentuk pengaplikasian tridharma perguruan tinggi, kegiatan ini merupakan bentuk latihan bagi mahasiswa STMIK Eresha Pamulang, untuk menerapkan ilmu yang sudah didapatkan. Memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat,” terang Habib.

Pembimbing Ketua LPPM Abu Khalid Rivai, mengucapkan, terimakasih kepada pihak SMK Islamiyah Ciputat, yang telah memberikan waktu dan tempat untuk mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Semoga apa yang mahasiswa sampaikan bermanfaat dan berguna bagi siswa SMK Islamiyah Ciputat,” ungkap Abu. (dev/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here