Home TANGERANG HUB Pengembangan Tol Balaraja Rampung 2020

Pengembangan Tol Balaraja Rampung 2020

0
SHARE
PENGERJAAN: Pekerja sedang melakukan mengerjakan proyek simpang susun dan penambahan ruas jalan di Tol Balaraja Timur, Minggu (13/10). FOTO: Astra Tol for Tangerang Ekspres

BALARAJA – Pengguna jalan  tol Tangerang-Merak diminta berhati-hati. Sebab, sedang dilakukan proyek penambahan ruas jalan dan simpang susun. Tepatnya di ruas tol Balaraja Timur. Proyek tersebut  ditargetkan rampung awal 2020.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Astra Tol Tangerang-Merak, Indah Permanasari mengatakan, proyek penambahan ruas dan simpang susun merupakan wujud komitmen perusahaan. Ia mengungkapkan, pembangunan tersebut dilakukan untuk membuat kelancaran arus lalu lintas yang menggunakan ruas Tol Balaraja Timur.

“Diharapkan mampu dirasakan manfaatnya kepada semua stakeholder khususnya pengguna jalan. Sehingga dapat merasakan kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat berkendara,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Minggu (13/10).

Kata Indah, pembangunan simpang susun dan penambahan ruas jalan serta merupakan hasil kerjasama antara PT  Marga Mandalasakti dengan tiga perusahaan. Penandatanganan kerjasama dilakukan pada Agustus 2018.

“Pembangunan simpang susun Balaraja Timur bersama PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Adapun pekerjaan pelapisan ulang dilaksanakan PT Marga Maju Mapan dan PT Bumi Duta Persada,” terangnya.

Indah menjelaskan, panjang ruas jalan pada simpang susun mencapai 3,754 kilometer, terdiri dari dua ruas untuk arah Jakarta dan dua ruas untuk arah Merak. Serta, akses dan pertemuan dengan jalan nasional di Balaraja.

“Bersamaan dengan pembangunan simpang susun akan dibangung box tunnel dan kantor operasional di Gerbang Tol Balaraja Timur. Pekerjaan pembangunan simpang susun ini ditargetkan rampung pada semester 2 tahun 2019,” jelasnya.

Indah mengungkapkan, pembangunan ini merupakan penyempurnaan akses penghubung jaringan jalan Tol Tangerang-Merak. Ia berharap hal ini dapat memberikan dampak positif pada pengembangan dan peningkatan perekonomian Banten.

“Kemudahan aksesibilitas bagi pengguna jalan Tol Tangerang-Merak dan mendorong pengembangan Balaraja dan Banten, dengan percepatan konektivitas jalan yang nantinya akan terintegrasi dari arah Jakarta dan Merak,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pada semester dua tahun ini juga dilaksanakan pelapisan dan penambahan ruas jalan yang dilakukan oleh PT Marga Maju Mapan dan PT Bumi Duta Persada. Menurutnya, overlay ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas jalan.

“Pekerjaan overlay sepanjang sembilan kilometer direncanakan berlokasi di KM 73 s.d.782 arah Merak dan KM 87 s.d. 83 arah Jakarta. Perkerjaan ini ditargetkan akan rampung pada bulan Januari 2019. Pengguna jalan diharapkan untuk selalu waspada dan selalu tertib berkendara,” ungkapnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here