Home OLAHRAGA Denmark Open 2019: Shesar Tumbang, Tommy Melenggang

Denmark Open 2019: Shesar Tumbang, Tommy Melenggang

0
SHARE
TUMBANG: Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito tak kuasa menghadapi permainan Chou Tien Chen asal Taiwan.

HASIL berbeda diraih dua tunggal putra Indonesia pada babak dua Denmark Open 2019. Tommy Sugiarto melenggang ke babak perempatfinal, sementara Shesar Hiren Rhustavito harus terhenti. Sedangkan di ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos tanpa bertanding.

Dalam pertandingan babak kedua Denmark Open di Odense Sportspark, Kamis (17/10). Tommy mencatat kemenangan straight game atas Brice Leverdez. Tommy menang 21-19, 21-12 atas pebulutangkis asal Prancis itu.

Tommy kecolongan angka terlebih dahulu dari lawannya, Brice Leverdez. Namun dirinya tak diam diri dan terus memberi tekanan kepada pebulu tangkis asal Perancis itu. Hingga di skor 5-5, Tommy banyak melakukan kesalahan dan Brice Leverdez memanfaatkannya dengan baik.

Tommy memberi kesempatan kepada lawan dengan 6 angka secara beruntun hingga keunggulan di paruh tengah waktu gim pertama ini dipimpin oleh Brice Leverdez. Selepas istirahat skor 5-11 membuat Tommy kembali menggerak. Poin demi poin bergantian diraih oleh kedua pemain. Tommy sebenarnya mampu memperkecil jarak dengan meraih empat poin secara berturut-turut hingga 13-15.

Putra pebulu tangkis Icuk Sugiarto akhirnya mampu menyamakan kedudukan setelah pertandingan 14 menit berjalan di skor 16-16. Tommy bahkan sempat memimpin 18-16 sebelum akhirnya diimbangi menjadi 18 sama. Brice Leverdez sempat memberi perlawanan dengan meraih satu poin. Nmaun, kejelian Tommy membaca gerakan lawannya membuat dirinya meraih kemenangan di gim pertama dengan skor 21-19.

Di gim selanjutnya, Tommy kembali kecolongan poin lebih dulu namun akhirnya bisa mengejar hingga skor imbang 3-3. Beranjak dari angka itu, Tommy lebih menguasai jalannya pertandingan da membuat poin beruntun.

Tommy unggul enam angka di skor 11-5. Sayangnya, setelah istirahat, Tommy banyak kehilangan angka. Meski demikian, dia tetap bisa fokus dan tak sempat disalip oleh Brice Leverdez.

Bahkan, Tommy mendapat 6 angka beruntun hingga papan skor menunjukkan 18-9. Brice Leverdez tak kehilangan asa, dirinya mencoba mengejar keunggulan poin. Namun, lagi-lagi Tommy berhasil menginjak matc game dan jarak angka dengan skor 20-12. Mental berbicara, Brice Leverdez kewalahan menghadapi wakil Indonesia yang satu ini. Skor berakhir dengan 21-12 untuk kemenangan Tommy Sugiarto.

Selanjutnya di delapan besar Tommy akan berhadapan dengan Sitthikom Thammasin (Thailand). Dari catatan pertemuan, Tommy dan Thammasin sejauh ini imbang 1-1.

Sementara Shesar terpaksa angkat koper dari Odense Sports Park, Denmark setelah menghadapi Chou Tien Chen (Taiwan). Shesar kalah dua game langsung dengan skor 17021, 14-21. Kekalahan ini menjadi yang ketiga kalinya buat shesar dari Chou.

“Sebetulnya tadi di awal saya sudah ketemu pola untuk menghadapi dia. Tapi saya banyak terburu-buru ingin segera mematikan lawan. Harusnya saya bisa lebih sabar ambil satu-satu. Hal ini akhirnya menguntungkan buat Chou. Dia seperti tinggal menunggu kesalahan saya dan menyerang saat dapat kesempatan,” jelas Shesar kepada Badmintonindonesia.org.

“Tentunya saya penasaran banget lawan Chou ini, Tiga kali ketemu saya selalu kalah. Saya sudah mempelajari permainan lawan. Tapi dia juga mungkin sudah hapal dengan pukulan saya. Harapannya semoga di pertemua berikutnya, saya bisa menang dari Chou,” ujar Shesar lagi.

Sementara itu, Kevin/Marcus tak harus memeras keringat untuk melangkah ke perempatfinal. Mereka lolos setelah lawannya, Ben Lane/Sean Vendy, mengundurkan diri.

Pasangan asal Inggris itu terpaksa mundur karena Vendy sakit. Di babak perempatfinal, Kevin/Marcus akan menghadapi pemengan dari pertandingan antara Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Minions, julukan Kevin/Marcus akan bertemu unggulan keenam asal China Han Cheng Kai/Zhou Hao Dong. Pasangan ini lolos usai mengalahkan ganda india Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dalam laga dua game dengan skor 21-16, 21-15. (apw/bio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here