Home BANTEN Jayasampurna, Lebih Bersih dan Berwarna

Jayasampurna, Lebih Bersih dan Berwarna

0
SHARE

KRAMATWATU – RW 007, Kampung Jayasampurna, Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, sekarang berbeda. Lingkungan tersebut semakin bersih dan berwarna. Warga mengklaim, lingkungannya sudah siap bersaing dalam ajang Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Kebersihan lingkungan RW 007, Kampung Jayasampurna, tak lepas dari konsistensi warganya menaati peraturan larangan merokok sejak 1987. Larangan itu juga berlaku bagi warga dari luar RW 007 yang berkunjung.

Lingkungan itu semakin bersih setelah RW 007, Kampung Jayasampurna, didapuk untuk mewakili Desa Pejaten mengikuti perlombaan yang digagas dan kerja sama antara Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten, dan Korem 064/Maulana Yusuf Serang.

Sejak Agustus 2019, warga Jayasampurna bergotong royong membenahi kampungnya. Kebersihan lingkungan sudah menjadi tolok ukur warga kampung itu dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Saat ini, jembatan di depan gapura Kampung Jayasampurna juga telah dicat. Jembatan pelangi menambah keindahan kampung itu. Di tembok salah satu rumah warga di gerbang kampung itu pun ada tulisan ‘SELAMAT DATANG DI KAWASAN BERSIH SEHAT DAN AMAN’. Tanda bagi warga luar kampung bahwa Jayasampurna telah menjadi kampung bersih, sehat, dan aman.

“Itu sebagai motivasi warga agar selalu ingat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Ketua RW 007, Kampung Jayasampurna, Halwani kepada Radar Banten pada Jumat (18/10).

Pengecatan jembatan pelangi dan slogan di tembok rumah warga itu, kata Halwani, dilakukan pada September 2019. Penataan atau pembenahan lingkungan Jayasampurna dilakukan warga secara gotong royong dan swadaya.

“Warga bersih-bersih dan iuran membeli cat. Kesadaran warga sudah terbangun. Jadi, sekarang tambah bersih dan berwarna,” ujarnya.

Persiapan Jayasampurna, menurut Halwani, baru mencapai 80 persen. Masih ada yang harus dikerjakan oleh warga kampung. Yakni, pembuatan pos ronda yang akan ditempatkan di belakang kampung. Saat ini, warga hanya punya satu pos ronda di dekat gapura, di bagian depan kampung itu.

“Meski di sini sudah aman, tapi perlu penambahan pos ronda,” katanya.

Sekretaris Desa Pejaten Sukayah menambahkan, pihaknya optimistis jika Jayasampurna bisa memberikan hasil maksimal dalam ajang lomba dengan hadiah total senilai Rp900 itu. “Dengan kekompakan warga, insya Allah juara,” tukasnya.

Suhayah mengakui, Lomba Kampung Bersih dan Aman mampu memotivasi warganya untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Perlombaan itu juga meningkatkan kewaspadaan warga akan pentingnya menjaga keamanan kampung. “(Lomba Kampung Bersih dan Aman-red) bagus banget. Warga bisa dapat pengalaman berharga,” pungkasnya. (mg06/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here