Home BANTEN Kampung KB dan SPAL, Modal Supung

Kampung KB dan SPAL, Modal Supung

0
SHARE

TIRTAYASA – Kampung Supung dinobatkan sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) oleh Pemerintah Desa Alangalang, Kecamatan Tirtayasa. Saluran pembuangan air limbah (SPAL) juga telah melengkapi perkampungan itu. Dua hal itu, diakui Pemerintah Desa Alangalang, menjadi modal Supung mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

“Kampung Supung banyak memiliki potensi, terutama RT 01 RW 01. Di antaranya, ditetapkan Pemerintah Desa Alangalang sebagai Kampung KB. Budaya gotong royong masyarakatnya sangat tinggi dan didukung dengan lingkungan yang bersih dan memadai,” kata Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Pemerintah Desa Alang Alang Syafei saat ditemui Banten Raya TV (grup Radar Banten), Senin (21/10).

Peran kader KB di Supung sangat besar terhadap peningkatan derajat kesehatan warga. Kader KB aktif berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Alangalang dalam memberikan penyuluhan kesehatan kepada warga Supung.

“Rata-rata, kader KB Desa Alangalang banyak terdapat di Kampung Supung. Alhamdulillah, para kader KB di Kampung Supung aktif melakukan penyuluhan kesehatan dan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungannya,” terang Syafei.

Kebersihan di Supung, jelas Syafei, juga didukung oleh keberadaan SPAL rumah tangga yang baik. SPAL itu dialirkan dari rumah warga ke areal persawahan dengan lancar. Kampung itu juga telah dilengkapi dengan tempat penampungan sampah sementara. Tempat pembuangan sampah berada di atas lahan hasil hibah dari Awang, Ketua RT 01 RW 01, Kampung Supung.

“Sehingga, warga tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Ketua RT 01 RW 01, Kampung Supung, Awang menanggapi positif Lomba Kampung Bersih dan Aman. Ia mengungkapkan bahwa warganya cukup disiplin menjaga kebersihan lingkungannya. Warga Supung terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan bergotong royong membersihkan lingkungan.

“Terkait keamanan, Kampung Supung selalu aman karena program siskamling berjalan baik. Setiap warga mendapat giliran ronda dan selalu berkoordinasi dengan babinsa dan bhabinkamtibmas setempat,” terang Awang. (jay/ang/don/ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here