Home TANGERANG HUB Dishub AkanTerapkan ATCS

Dishub AkanTerapkan ATCS

0
SHARE
PANTAU LALULINTAS: Petugas Dishub Kota Bandung memantau arus lalulintas dengan menggunakan sistem ATCS secara online. FOTO: Detik.com

BALARAJA – Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS) secara online, akan diterapkan di Kabupaten Tangerang pada 2020. Hal ini mengingat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang masuk 100 kabupaten/kota yang akan menerapkan konsep kota pintar atau smart city.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Agus Suharyana mengatakan, penerapan sistem ATCS menggunakan konsultan dari Bandung. Ia mengungkapkan, sebelum diterapkan, dilakukan study banding ke beberapa daerah.

“Kita lakukan perbandingan ke Bali dan Bandung sebagai bahan kajian. Rencananya kita akan terapkan secara efektif pada 2020,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Selasa (29/30).

Agus mengungkapkan, penerapan sistem pengaturan lalulintas dengan online dimaksudkan mempermudah mengurai titik kemacetan. Ia menjelaskan, secara infrastruktur sudah siap untuk digunakan.

“Kamera CCTV sudah kita siapkan dengan fasilitas pendukung lainnya. Untuk kajian juga sudah dilakukan,” terangnya.

Kata Agus, penggunaan sistem ATCS memperlancar laju ambulans ketika hendak melalui lampu merah. “Jadi mobil yang dalam keadaan darurat milik rumah sakit, puskesmas, atau pemadam dan lainnya ketika 200 meter lagi akan melalui lampu merah. Maka otomatis akan hijau. Jadi sistem ini bermanfaat bagi warga,” jelasnya.

Agus berharap, penerapan sistem ini dapat memberikan manfaat dan kemudahan warga dalam beralulintas. “Kita optimis ini berjalan sukses dan warga bisa merasakan secara langsung manfaatnya,” terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Norman mengatakan, sistem ATCS sudah melewati fasilibility study (FS) dengan konsultan dari Bandung. “Sudah sampai pada tahap Detail Enginering Desain (DED). Tinggal pelaksanaan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, sistem ini mengadopsi dari Pemkab Bandung. Selain itu, ada beberapa konsep yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Kabupaten Tangerang.

“Kita juga kajian ke Bali dan ini merupakan langkah kita sebelum melakukan kajian. Kita sesuaikan dengan jalan dan faktor lain penerapannya,” tutupnya. (mg-10/mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here