Home PENDIDIKAN Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kenakan Pakaian Adat Nusantara

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kenakan Pakaian Adat Nusantara

0
SHARE
GUNAKAN PAKAIAN ADAT: Guru dan siswa Darussalam Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang menggunakan pakaian adat saat memperingati Hari Sumpah Pemuda, kemarin. FOTO: Mas Deden Budiman/Tangerang Ekspres

SINDANG JAYA – Kepala SMA Darussalam Badak Anom, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang memimpin upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda, di halaman sekolah, Senin (28/10).

Upacara tidak hanya diikuti siswa SMA, siswa MI dan MTs Darussalam Badak Anom ikut meriahkan kegiatan dengan mengangkat tema, ‘Bersatu Kita Maju’.

Seusai melaksanakan upacara bendera dengan Pembina Upacara dari Koramil 11/ Pasar Kemis, ada pula sekelompok perwakilan siswa mengenakan pakaian adat nusantara dari masing-masing daerah di Indonesia. Para siswa tersebut berjalan pelan diiringi lagu ‘Rayuan Pulau Kelapa’. Selepas itu, mereka secara kompak membacakan naskah sumpah pemuda di halaman sekolah.

Dalam sambutannya,  Kepala SMA Darussalam Badak Anom, Tarmudi mencoba mengingatkan kembali apa itu cita-cita bangsa. Dirinya juga menyoroti bagaimana peran pemuda dalam meningkatkan kapasitas pengetahuannya.

“Berhati-hati dengan arus informasi seperti radikalisasi, pemuda harus punya filter,” ujar Tarmudi. Menurutnya pemuda mesti mempunyai karakter yang berintegritas tinggi, kerja keras kerja iklas dan kerja tuntas.

Pemuda harus mempunyai jiwa kepemimpinan, inovasi, dan lebih jauh supaya turut aktif dalam kancah international. “Bersatu kita maju untuk eleman bangsa, bagi pemuda adalah keharusan, karena ditangan pemuda Indonesia akan maju,” imbuhnya.

Menurut Tarmudi, pemuda harus maju dan berani menaklukan dunia. Adanya gerakan revolusi mental dapat menjadi cara dalam membangun karakter.

Usai memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Tarmudi menyerahkan penghargaan kepada para siswa MI, MTs dan SMA Darussalam Badak Anom yang berprestasi.

Barulah acara di akhiri dengan pentas seni dan sejumlah aksi lain seperti Pasibraka, Pramuka dan pertunjukan permainan tradisional. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here