Home TANGERANG HUB Bantu Perusahaan Binaan Rekrut Tenaga Kerja, Hari Ini Bea Cukai Gelar Job...

Bantu Perusahaan Binaan Rekrut Tenaga Kerja, Hari Ini Bea Cukai Gelar Job Fair

0
SHARE
KUNJUNGAN: Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi pada KPPBC Tangerang, Wisnu Nuryanto foto bersama jajaran Tangerang Ekspres saat berkunjung ke kantor koran ini, bulan lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Terobosan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tangerang patut diacungi jempol. Sebagai bagian dari membangun sinergi terhadap perusahaan binaan, instansi ini menggelar Job Fair dan Bazaar. Salah stu tujuannya untuk, memfasilitasi perusahaan yang menjadi binaan KPPBC Tangerang, mendapat tempat rekrutmen tenaga kerja.

Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan dan Layanan Informasi pada KPPBC Tangerang, Wisnu Nuryanto menerangkan, job fair dan bazaar itu digerlar dua hari. Yakni, Selasa-Rabu (5-6 November 2019) di halaman KPPBC Tangerang, di kawasan Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangsel.

“Kegiatannya BETA Job Fair dan Bazaar 2019. Yaitu, dua kegiatan yang dibuat saling kerja sama. Job Fair sebagai bursa kerja, sementara bazaar sara pemasaran. Jadi saling membantu, saat calon pekerja mencari lowongan kerja bisa sambil berbelanja,” kata Wisnu, kepada Tangerang Ekspres, di kantornya, kemarin.

Dalam BETA job fair dan bazaar ini, kata Wisnu, KPPBC Tangerang memamerkan perusahaan yang mempunyai lowongan kerja. Kemudian, para calon tenaga kerja tinggal memilih perusahaan atau lowongan kerja mana yang mereka butuhkan.

“Tahun ini, ada 10 perusahaan yang ikut. Perusahaan-perusahaan ini yang mendapat fasilitas penerima dan tujuan ekspor,” katanya.

Ia menjelaskan, yang dimaksud perusahaan penerima fasilitas dari KPPBC Tangerang adalah, perusahaan yang dibebaskan dari cukai saat menerima atau pun ekspor barang mereka. Seperti perusahana kosmetik yang dibebaskan dari cukai ethil alkohol.

“Perusahaan kosmetik sama farmasi ada yang pakai alkohol, tapi karena produk akhirnya kosemtif, tidak bayar cukai,” paparnya.

Kemudian, dari jumlah 10 perusahaan yang terlibat dalam BETA Job Fair dan Bazaar 2019 ini, setidaknya sekitar 450-an lowongan kerja tersedia. Ratusan loker itu, sudah mengakomodasi setiap jenjang pendidikan calon pekerja, mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

“Loker itu klasifikasi pendidikan dari SD sampai S1. Karena ada perusahaan yang hanya membutuhkan packing atau untuk tenaga gudang yang tidak memiliki keahlian khusus,” jelas Wisnu.

Sebetulnya, kata dia, kegiatan itu digelar rutin sejak 2017. Namun, pada 2018 tidak dilaksanakan karena peminatnya kurang. Selain itu, digelar tahun ini karena juga mendapatkan dukungan dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangsel untuk mengakomodasi pencaker yang tidak tertampung dalam job fair yang digelar pemda.

“Tujuannya, kita punya binaan perusahaan yang mendapatkan fasilitas cukai masuk maupun keluar. Dilaksanakan job fair untuk memberikan fasilitas rekrutmen tenaga kerja, karena mereka membutuhkan tenaga kerja, maka kita fasilitasi,” jelas pejabat eselon IV ini.

Selain itu, kegiatan ini turut membantu pemda Kota Tangsel dalam mengurangi jumlah pengagguran. Meskipun, pendaftaran calon peserta job fair terubka untuk seluruh kalangan di seluruh Indonesia.

“Dari data pendaftaran online sudah ada yang daftar dari Lampung dan Laomongan. Karena ini terbuka untuk siapa pun,” katanya, seraya mengatakan kegiatan job fair dan bazaar di level KPPBC ini, untuk seluruh Indonesia, baru KPPBC Tangerang yang mengadakan. (esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here