Home TANGERANG HUB Pemkab Tangerang Menuju Smart City

Pemkab Tangerang Menuju Smart City

0
SHARE
PENGHARGAAN: Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar (kiri) menerima penghargaan dari Menteri Kominfo, Johnny G Plate, (kedua dari kiri), atas gerakan program Smart City di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Rabu (6/11).

Kota cerdas bukan sekadar wacana. Tetapi, sudah direncanakan dengan matang. Untuk mewujudkan Smart City, Pemkab Tangerang mewujudkannya dengan pembangunan saran dan prasarana pendukungnya. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengapresiasi semangat dan komitmen Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar dalam mewujudkan Kabupaten Tangerang menjadi kota cerdas.

Kabupaten Tangerang masuk dalam 100 daerah di Indonesia sebagai percontohan menuju Smart City. Di Balai Sudirman, Jakarta Zaki Iskandar menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Rabu (6/11). Johnny G. Plate menerangkan, penghargaan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, dengan tujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city.

Lanjutnya, gerakan Smart City diselenggarakan secara bertahap dari 2017 hingga 2019. Diharapkan adanya 100 kota/kabupaten yang dijadikan percontohan (role model) dalam mengimplementasikan program Smart City.

“Dalam setiap pertemuan pasti banyak manfaatnya, yang memberikan masukan yang segar dan diharapkan dalam pertemuan ini dapat membangun kembali dan membangkitkan akselerasi kota/kabupaten yang cerdas dan berujung kepada pelayanan warga yang lebih baik lagi dan di lakukan secara optimal,” katanya saat sambutan.

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar mengatakan, Kabupaten Tangerang sebagai salah satu daerah urban dengan ragam kultur. Serta, laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat menjadi salah satu faktor utama pemerintah daerah harus berinovasi dengan cepat. Utamanya memberikan pelayanan yang berkualitas secara fisik maupun nonfisik kepada warga.

“Smart City sebagai sebuah konsep kota cerdas yang dapat membantu warga mengelola sumber daya yang ada, dengan efisien. Serta mampu menghubungkan infrastruktur fisik, sistem informasi layanan publik, infrastruktur sosial, dan bisnis infrastruktur yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan,” kata Zaki.

Zaki juga mengatakan, penghargaan diraih bukan karena penyusunan master plan yang mumpuni. Akan tetapi, kesiapan infrastruktur dan komitmen melaksanakan dan mengembangkan pembangunan Smart City yang berkelanjutan.

“Penghargaan ini patut kita syukuri karena upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menjadikan Kabupaten Tangerang sebagai kota pintar (smart city) sudah sesuai dengan Guideline Masterplan Smart City Kementerian Kominfo,” tutupnya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here