Home BANTEN “Pengantin” Sambut Tim Juri

“Pengantin” Sambut Tim Juri

0
SHARE

CIKEUSAL – “Pengantin” dan iring-iringannya menyambut kedatangan tim 1 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 di RW 02, Kampung Kadupugur, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kamis (14/11). Cara unik ini tidak hanya menarik perhatian tim juri, tetapi juga warga Kadupugur.

“Pengantin” diperankan oleh dua warga Kadupugur, keduanya laki-laki. Mempelai pria, mengenakan setelan jas. Sementara, mempelai perampuannya mengenakan kebaya merah. Keduanya diiringi marching band dari sebuah taman kanak-kanak (TK) di Kadupugur. Angklung, drum band, dan alat musik lain dimainkan anak-anak TK untuk mengiringi shalawatan yang dinyanyikan ibu-ibu Kadupugur.

Iring-iringan “pengantin” ini kemudian berjalan di belakang tim juri. Mereka jadi mengiringi tim juri yang melihat dan menilai lingkungan RT 07 dan 08 di RW 02, Kampung Kadupugur.

Setelah satu jam lebih melakukan penilaian, tim juri mengapresiasi upaya warga Kadupugur menjaga kebersihan dan keamanan lingkungannya. Salah contoh, pemanfaataan halaman rumah warga sebagai kebun mini.

Warga Kadupugur juga memasang penunjuk arah dari bambu. Sehingga, pengunjung atau tamu di kampung ini tidak tersesat ketika datang ke Kadupugur yang berdekatan dengan Taman Pesona Ratu dan Taman Mahkota Ratu. Jalan lingkungan di kampung ini juga telah dihiasi dengan bunga.

Anggota tim juri Riyanto Haryadi mengatakan, catatan tim juri adalah adalah pengelolaan sampah. Kadupugur belum dilengkapi dengan tempat pembuangan sementara (TPS). Kelompok sadar lingkungan juga belum dibentuk. Warga belum ada yang memanfaatkan sampah organik maupun non organik menjadi barang kerajinan atau barang bernilai ekonomi. “Untuk jalannya, bisa dilengkapi dengan pagar warna-warni untuk mempercantik kampung,” ujar Riyanto menyarankan.

Kepala Desa Sukaratu Irman Supriatman mengaku akan melengkapi kekurangan Kadupugur sesuai arahan tim juri. Pihaknya akan mengelola sampah dengan melibatkan warga, membuat TPS, melakukan pemagaran, mengaktifkan ronda malam, serta membentuk kelompok sadar lingkungan dan sadar hukum. (jay/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here