Home TANGERANG HUB Target Bebas Jentik 2020, Bentuk Pokjanal Tiap Kecamatan

Target Bebas Jentik 2020, Bentuk Pokjanal Tiap Kecamatan

0
SHARE
KOMITMEN BERSAMA: Dua orang pegawai Pmekot Tangsel membubuhkan tanda tangan di atas spanduk sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Kota Tangsel bebas jentik DBD. Foto diambil beberapa waktu lalu. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

PAMULANG-Saat ini, baru satu kecamatan yang diyantakan bebas jentik Demam Berdarah Dangue (DBD). Yakni, kecamatan Pamulang. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel optimistis pada 2020 mendatang kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini, bisa menjadi kota bebas jentik.

Plt Kepala Dinkes Kota Tangsel, Deden Dedi mengatakan, dari 742 RW yang ada di Kota Tangsel saat ini sudah ada 175 RW yang bebas jentik DBD. “Target tahun ini seharusnya mencapai 400 RW yang bebas jentik. Tapi, karena satu dua hal tidak bisa tercapai,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (18/11).

Deden menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut Dinkes akan membentuk kelompok kerja operasional (pokjanal) DBD di tiap kecamatan. “Saya optimis target Kota Tangsel bebas jentik DBD 2020 dapat tercapai, asal semua elemen bisa bersinergi dan kita sudah punya sistemnya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pokjanal DBD Kecamatan Pamulang Subekti mengatakan, Pamulang Pokjanal DBD Kecamatan Pamulang sudah terbentuk lama dan Kota Tangsel belum memilikinya. Pokjanal DBD baru ada di Kecamatan Pamulang dan SK-nya oleh Camat Pamulang,” ujarnya.

Subekti menambahkan, siap membantu kecamatan lain yang ingin mewujudkan kecamatan bebas jentik DBD termasuk dalam pembentukan Pokjanal DBD. Menurutnya, manfaat Pokjanal adalah mengkoordinasikan semua kegiatan satu rumah satu jumantik, baik ke bawah yakni supervisor dan koordinator dan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here