Home OLAHRAGA Popnas XV/2019: Taekwondo Raih Emas, Banten Raih 7 Medali

Popnas XV/2019: Taekwondo Raih Emas, Banten Raih 7 Medali

0
SHARE
DUA MEDALI: Peraih medali cabor taekwondo bersama Sekretaris Pengprov TI Banten Fiva Zabreno (ketiga dari kanan). FOTO: JPG

CABANG olahraga (cabor) taekwondo berhasil menyumbang 1 medali emas dan 1 medali perak untuk kontingen Banten pada ajang Pekan Olahraga Nasional (Popnas) XV/2019. Raihan itu menambah pundi-pundi medali Kontingen Banten di ajang pekan olahraga antar pelajar tingkat nasional tersebut menjadi tujuh medali.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Sekdis Dispora) Banten Ai Dewi Suzanna. Ketujuh medali tersebut selain dari taekwondo juga disumbang cabor karate dengan rincian 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu. “Alhamdulillah karate menyumbangkan 5 medali dan taekwondo 2 medali,” ucapnya.

Ai Dewi berharap, semoga pelajar Banten lainnya termotivasi atas prestasi atlet-atlet yang sudah mendapatkan medali. “Dan bisa membuat Banten memenuhi target yang dicanangkan,” katanya.

Di cabor taekwondo atlet asal Kota Tangerang Selatan Clement Satya merebut medali emas di nomor Kyorugi kelas under 59 Kg putra. Satu medali perak diraih atlet Kabupaten Tangerang Ilham Faturachman pada kelas under 78 Kg putra.

Dua medlai direbut pada hari pertama cabor taekwondo yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Senin (18/11). Clement menang atas lawannya dari Jawa Barat. Sementara Ilham Faturachman dikalahkan atlet Jawa Barat.

“Alhamdulillah di hari pertama kita dapat 1 emas dan 1 perak, Pertandingan tadi memang cukup menegangkan. Tapi akhirnya Clement unggul. Kalau Ilham memang lawan cukup berat juga. Tapi tidak apa prestasi ini membanggakan,” ujar Pelatih PPLP Taekwondo Banten, Gabriel Rinaldi, Selasa (19/11).

Di hari kedua, TI Banten hanya menurunkan 1 atletnya. Yakni, Julian di kelas under 55 Kg. Sayangnya dia gagal. “Julian kalah di babak penyisihan,” imbuh Gabriel.

Banten masih memiliki potensi meraih medali karena 5 atlet belum melakoni laganya. 5 atlet tersebut yakni Garda di kelas under 42 putri, Puspa under 55 putri, Irsyad under 63 putra, Petrus under 45 putra dan Rifqi under 73 putra.

Diketahui, pada Popnas XV/2019 ini Taekwondo Banten menurunkan 12 atlet terbaiknya. Mereka terdiri atas 4 putri yakni Alifia yang berlaga di nomor poomsae, Garda under 42 Kg, Novrika under 49 Kg dan Puspa under 55 kg. Kemudian, 8 putra yakni Ekha di pomsae, Petrus under 45 Kg, Clement under 59 Kg, Irsyad under 63 Kg, Arya under 68 Kg, Rifqi under 74 Kg, dan Ilham under 78 Kg. (apw/jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here