Home TANGERANG HUB DKP3 Kota Tangsel Gaet Komunitas Pamerkan Ikan Hias

DKP3 Kota Tangsel Gaet Komunitas Pamerkan Ikan Hias

0
SHARE
PANTAU STAN: Ketua DPRD Tangsel Abdul Rosyid (tengah) didampingi Kabid Perikanan SS Nugraheni dan Sekdis DKP3 Deden (tiga dari kanan) melihat stan ikan hias di lokasi pameran.

SERPONG-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel menggelar Pameran Ikan Hias di Kawasan Pertanian Terpadu, Tandon Ciater, Serpong, 22-24 November. Pemeran tersebut diikuti puluhan komunitas ikan hias dari Kota Tangsel dan sekitarnya.

Kepala Bidang Perikanan pada DKP3 Kota Tangsel, Supartinah Sri Nugraheni mengatakan, pameran ikan hias tersebut diharapkan dapat menghidupkan perekonomian masyarakat yang terlibat di dalam pengembangan ikan hias, dari skala kecil, menengah dan besar. “Pameran ikan hias ini juga kita laksanakan dalam memeriahkan HUT ke-11 Kota Tangsel,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Sabtu (23/11).

Nugraheni menambahkan, ikan hias yang dipamerkan jumlahnya cukup banyak, seperti ikan mas koki, klatis, koi, cupang dan lainnya. Adapun peserta pameran berasal dari komunitas yang merupakan pembudidaya dan pemasar serta penghobi ikan hias. Ikan hias yang dijual mulai dari harga Rp10 ribu dapat 3 ekor sampai Rp4 juta per ekor.

Saat ini, DKP3 memang masih pameran saja namun, ke depan akan ada kontes ikan hias juga. Di Kota Tangsel saat ini banyak pembudidaya ikan hias namun, karena keterbatasan lahan kalau untuk ikan konsumsi sulit untuk dikembangkan.

“Jadi ke depannya yang akan dikembangkan adalah ikan hias, dengan lahan terbatas bisa memproduksi banyak ikan hias,” jelasnya.

Menurutnya, pembudidaya pembenihan ikan hias di Kota Tangsel sudah dikenal, baik tingkat nasional maupun internasional, terlebih untuk ikan jenis cupang. Ikan hias tersebut sudah diekspor ke Thailand dan Singapura.

Selain pameran ikan hias, panitia juga menghadirkan cara membuat aquascape yang dibawakan oleh pakarnya. Aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, airi, batu, karang, kayu dan lainnya dalam aquarium.

“Seni aquascape ini menarik karena kita tidak hanya memelihara ikan tapi, juga memelihara komponen yang ada di dalam aquarium,” ungkapnya.

Cara membuat aquascape dipilih karena DKP3 ingin menambah penghobi ikan hias, aquariaum bisa rakit sendiri kalau tahu caranya namun, bila harganya pasti mahal. “Aquascape ini adlaah satu yang mendukung penampilan ikan hias, model dan konsep bisa kita pilih sendiri sesuai selera,” tutupnya. (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here