Home BANTEN Ciherangmasjid Incar Kategori Kampung Paling Berbunga

Ciherangmasjid Incar Kategori Kampung Paling Berbunga

0
SHARE

GUNUNGSARI – Pemerintah Desa Ciherang, Kecamatan Gunungsari, menargetkan nilai tinggi untuk kategori lingkungan atau kampung paling berbunga. Olah karenanya, lingkungan RW 01, Kampung Ciherangmasjid, dipenuhi bunga dan tanaman hias lainnya.

Saat Radar Banten mengunjungi Ciherangmasjid, Senin siang (25/11). Terik matahari tidak membuat keasrian dan keindahan kampung ini hilang. Di pinggir sepanjang jalan lingkungan di kampung ini, serta di teras depan rumah warganya terdapat tanaman bunga dan tanaman hias lain. “Ini inisiatif warga yang memilih untuk menanam banyak bunga supaya kampung jadi indah,” kata Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Desa Ciherang Syarif Hidayatullah kepada Radar Banten.

Kata Syarif, warga mengambil tanaman bunga dari kebun mereka. Ada berbagai macam jenis tanaman bunga yang sudah menghiasi Ciherangmasjid. Di antaranya, lili, jam sembilan, melati, dan mawar. “Ada yang dipindahkan ke pot, ada juga yang menggunakan bungkus plastik kresek,” tutur Syarif.

Ia menilai, tanaman bunga sangat cocok ditanam di Ciherangmasjid. Sebab, kampung ini berada di dataran tinggi. “Kita, rencananya bakal memperbanyak tanaman bunga,” kata Syarif.

Proyeksi Ciherangmasjid menjadi kampung paling berbunga, menurut Syarif, sesuai saran dari tim 2 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019. Saat melakukan penilaian tahap pertama, tim juri meminta agar bunga tidak hanya di pinggir jalan kampung dan teras rumah warga, tetapi juga di lahan kosong agar menjadi lahan terbuka hijau. “Kita bakal mulai gotong royong lagi, Jumat (29/11), sekalian kegiatan Jumat bersih,” jelas Syarif.

Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Pabuaran Brigadir Polisi (Brigpol) Joe Noviansyah menambahkan, selain berbunga, Ciherangmasjid juga aman. “Sejak ada LKBA 2019, warga rutin melaksanakan siskamling,” katanya. Namun, Joe mengaku jika Ciherangmasjid baru memiliki satu pos ronda. Itu pun belum lengkap sarana dan prasaranya. Sesuai informasi dari pihak desa dan pengurus lingkungan, katanya, warga akan membangun satu pos ronda lagi. “Sesegera mungkin (sarana dan prasarana pos ronda-red) akan kita lengkapi,” tegas Joe. (mg06/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here