Home OLAHRAGA Menuju BWF World Tour Finals 2019: Anthony-Jojo Lolos, Tommy Tertinggal Jauh

Menuju BWF World Tour Finals 2019: Anthony-Jojo Lolos, Tommy Tertinggal Jauh

0
SHARE
LOLOS: Jonatan Christie akan bertarung memperebutkan gelar juara BWF World Tour Finals 2019 di Desember nanti. FOTO: Bio

DUA penulutangkis Indonesia diapstikan lolos ke BWF World Tour Finals 2019 yang akan digelar di Kota Gaungzhou, China, 11-15 Desember. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dipastikan lolos dan turun tanding untuk memperebutkan tahta juara.

Untuk Anthony yang tampil di tunggal putra RI ini lolos karena berhasil masuk dalam daftar ranking 8 besar tur BWF 2019. Anthony berada di peringkat 6 dengan perolehan poin 83,710.

Tak cuma Anthony, ada satu lagi wakil RI yang juga memenuhi syarat untuk berlaga di ajang tertinggi dari rangkaian turnamen tahunan BWF, dia adalah Jonatan Christie.

Jojo dipastikan lolos dengan bermodal peringkat 3 ranking tur BWF, dia bercokol di peringkat itu dengan koleksi poin 94,440.

Untuk Jojo ini merupakan sebuah raihan terbaiknya dalam dua tahun ini, sebab dia yak lolos persyaratan untuk bisa mengikuti BWF World Tour Finals 2018. Tahun ini malahan Tommy Sugiarto yang tidak turun tanding di ajang ini.

Tahun 2018 lalu, Jojo tak bisa lolos ke BWF World Tour Finals karena hingga pekan 47 hanya mampu bercokol di ranking 9 tur BWF. Sedangkan Tommy lolos bermodal ranking 3 tur BWF.

Di BWF World Tour Finals 2019 ini Tommy tak bisa lolos karena hingga saat ini dia masih berada di peringkat 19 ranking tur BWF.

Perlu diketahui, sesuai aturan yang berlaku. Pebulutangkis yang berhak berlaga di ajang berhadiah total 1.500.000 Dolar Amerika Serikat hanya mereka yang masuk dalam ranking 8 besar tur BWF. Bukan ranking bulutangkis dunia.

Dan setiap negara hanya mendapatkan jatah dua wakil saja untuk setiap sektornya yang bisa bertanding di BWF World Tour Finals.

Selain Jojo dan Anthony Indonesia mengirimkan 5 wakil lainnya. Dua diantaranya adalah ganda campuran nomor 1 dan 2 BWF yakni Kevin Sanjaya/Marcus Fernladi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Satu pasangan ganda putra Indonesia lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebenarnya masuk dalam Top 8. Namun, ganda putra peringkat kelima dunia tersebut tidak bisa tampil dengan alasan kuota masing-masing negara hanya maksimal dua orang.

Tempat Fajar/Rian akan diperebutkan tiga ganda putra dari Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Goh V. Shem/Tan Wee Kiong dan Lu Ching Yao/Yang Po Han dari Taiwan.

Ganda putri hanya mengirimkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Dan, ganda campuran ada dua pasangan yang akan tampil; Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Namun, tim Indonesia dipastikan tanpa ada satu wakil pun di sektor tunggal putri dalam ajang kali ini. (apw/bio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here