Home BANTEN Pemdes Sukalaba Sediakan 46 Tong Sampah

Pemdes Sukalaba Sediakan 46 Tong Sampah

0
SHARE

GUNUNGSARI – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukalaba, Kecamatan Gunungsari, menyatakan kesiapannya memberikan 46 tong sampah untuk warga RT 12  RW 01, Kampung Kakulu. Penyediaan sarana pengelolaan sampah ini untuk menutupi kekurangan Kakulu sesuai hasil penilaian tahap pertama Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019.

Kakulu berada di pinggir Jalan Raya Serang-Anyer. Nuansa semarak terasa. Tanaman bunga dan hias tumbuh di kampung ini. Dinding saluran irigasi di kampung ini juga telah dicat dengan bermacam warna.

Sekretaris Desa (Sekdes) Sukalaba Fakturi mengakui jika warga RT 12 di Kakulu belum dilengkapi dengan tempat sampah. “Makanya, nanti, kita lengkapi kekurangan itu. Ada 46 tong sampah yang bakal dibagikan,” tegasnya kepada Radar Banten, Senin (25/11).

Nantinya, setiap rumah di Kakulu mendapat satu tong sampah dari Pemdes Sukalaba. “Waktu penilaian tahap pertama, kita hanya fokus pada penataan lingkungan. Lupa belum punya tempat sampah,” kata Fakturi.

Pemdes Sukalaba, lanjutnya, juga berencana membuat tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) pada anggaran desa tahun 2020. Perencanaan ini didasarkan pada permintaan warga yang ingin ada sistem pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Cilowong. “Sekarang, warga buang sampahnya masih ke kebun dan dibakar,” katanya.

Kendati demikian, Fakturi memastikan jika lingkungan Kakulu bebas sampah. Sejak berlangsung LKBA 2019, pihaknya sudah mengimbau warga untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Serta, mengaktifkan kembali kegiatan Jumat bersih. “Alhamdulillah, warga pada kompak dan semangat menyukseskan Kampung Kakulu di lomba kebersihan dan keamanan ini,” katanya.

Hendy, warga Desa Sukalaba, menambahkan bahwa persiapan warga Kakulu menuju penilaian tahap kedua akan dimulai pada Jumat (29/11). Warga akan membersihkan lingkungan supaya tambah bersih. “Saya mah enggak ngarep hadiah juaranya. Yang penting, lingkungan jadi bersih dan bagus,” ujarnya. (mg06/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here