Beranda BANTEN Ikuti Saran Juri, Warga Bersihkan Selokan

Ikuti Saran Juri, Warga Bersihkan Selokan

0
BERBAGI

KRAMATWATU – Warga RW 002, Kampung Krapcak, Desa Wanayasa, Kecamatan Kramatwatu, mulai bergotong royong memperbaiki dan membersihkan selokan atau saluran pembuangan air limbah rumah tangga. Warga mengikuti arahan tim juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 saat melakukan penilaian pada Rabu (6/11).

Pantauan Radar Banten, Selasa (26/11), warga Krapcak baru selesai bergotong royong membersihkan semak-semak dan yang memenuhi selokan. Ya, kebersihan selokan di kampung ini mencadi catatan tim juri saat melakukan penilaian tahap pertama.

Kampung Krapcak, saat ini, mengalami banyak perubahan. Warga telah memperbaiki gapura, dinding rumah warga dipenuhi lukisan tokoh-tokoh film kartun, pos ronda telah dicat, pot bunga tertata, dan tiap rumah warga sudah dilengkapi tong sampah.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Wanayasa Ade Hayati membenarkan, persiapan warga Krapcak menghadapi penilaian tahap kedua adalah membersihkan lingkungan, terutama selokan. “Catatan tim juri itu saja, membersihkan saluran pembuangan, karena memang belum dibersihkan sebelumnya,” ujar Ade saat berbincang dengan Radar Banten.

Menurutnya, gotong royong warga tidak hanya untuk menghadapi penilaian juri pada tahap kedua. Tetapi juga karena memasuki musim hujan. Antisipasi genangan air dan penyakit.

“Bukan hanya untuk lomba, tapi memang saat ini memasuki musim penghujan. Jadi harus bersih,” tegasnya.

Ade mengatakan, ibu-ibu warga Krapcak ikut antusias menanam berbagai jenis tanaman di halaman rumah masing-masing. Sebab, musim hujan membuat tanaman tidak mudah kering dan mati. “Penambahan tanaman mah pasti. Sekarang kan musim hujan, jadi lebih mudah dan terlihat bagus. Kalau kemarin kemarau, jadi mudah kering,” ungkapnya.

Ketua RT 01 RT 002, Kampung Krapcak, Suewi menambahkan jika warganya antusias dan rutin bergotong royong. “Alhamdulillah, warga di sini (Krapcak-red) masih mudah diajak gotong royong. Mudah-mudahan, kampung kami bisa menang,” harapnya. (fdr/don/ags)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here