Home TANGERANG HUB Seleksi Panwascam Kota Tangsel, Kelulusan Ditentukan Wawancara

Seleksi Panwascam Kota Tangsel, Kelulusan Ditentukan Wawancara

0
SHARE
TINJAU TES: Anggota Rahmat Bagja didampingi Ketua Bawaslu Tangsel (kanan) didampingi Ketua Bawaslu Kota Tangsel Moh Acep (kiri) saat meninjau pelaksanaa tes CAT di Lab Komputer SMP Negeri 11 Kota Tangsel, kemarin. Dalam tes, poin utama ditentukan hasil tes wawancara. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan, meninjau pelaksaan tes panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di SMPN 11 Kota Tangsel, Jumat (13/12). Tes yang digunakan dalam penerimaan Panwascam menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, tes CAT yang dilakukan hanya untuk melihat kemampuan calon panwascam, yakni menjawab soal dan pakai komputer dengan baik. “Bobot nilai CAT hanya 30 persen karena hanya untuk melihat kemampuan dasar. Kalau jatuh banget tentu tidak akan dipilih,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Jumat (13/12).

Abhan menambahkan, bobot nilai 70 pesen akan diberlakukan untuk tes wawancara. Bobot itu diberikan karena calon panwascam harus tahu prosesnya, bagaimana jawab pertanyaan penguji, bagaimana hadapi masyarakat dan itu bisa dilihat dari sikap tubuh, bagamana menjelaskan sesuatu.

“Tentunya pengalaman juga penting dan calon panwascam pasti sudah pernah jadi pemantau, aktivis atau pemerhati di lingkungan dan lainnya,” tambahnya.

Masih menurutnya, panwascam harus bisa menyelesaikan konflik dan masalah yang terjadi di tengah masyarakat terkait pilkada. Dimana salah satu fungsi panwascam adalah sosialisasi kepada masyarakat. “Dahulu tes penerimaan panwascam kmenggunakan tes tulis biasa dan lali ini palai tes CAT. Tes penerimaan PNS juga sekarang pakai CAT,” jelasnya.

Untuk materi tes cat Abhan mengaku mulai dari pengetahuan umum, pembukaan UU, UUD, amandemen, UU pemilu, petugas pemilu dan lainnga. “Tinggal nanti saat menjawab wawancara akan terlihat, akan terlihat kepribadiannya,” tuturnya.

Sebelumnya, 77 dari 78 pendaftar lolos selekai administrasi calon panwascam. Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kota Tangsel Karina Permata Hati mengatakan, tes CAT dan wawancara dilakukan 13-17 Desember.

“Materi soal yang diberikan bentuknya pihan ganda dengan jumlah 100 soal. Waktu yang diberikan untuk menjawab 100 soal adalah 90 menit,” ujarnya.

Karina menambahkan, begitu peserta selesai menjawab, maka nilainya langsung keluar dan yang bisa lihat peserta itu sendiri di komputer yang dipakai. Semua yang ikut tes CAT akan ikut tes wawancara. Nilai akan diberikan secara akumulasi, yakni nilai tes CAT ditambah nilai tes wawancara.

Tes wawancara akan dilaksanakan 17 Desember dan diumumkan 18 Desember. Kalau sudah wawancara nantinya akan diambil tiga orang yang memiliki nila tertinggi untuk masing-masing kecamatan.

“Kalau sudah diumumkan kita akan melantik 21 Panwascam terpilih pada 22 atau 23 Desember mendatang,” ungkapnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here