Home BANTEN 14 Rumah di Leuwidamar Habis Terbakar

14 Rumah di Leuwidamar Habis Terbakar

0
SHARE
KEBAKARAN: Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi meninjau kebakaran yang menghanguskan 14 rumah di Kecamatan Leuwidamar, Kamis (26/12). FOTO: Ahmad Fadilah/Banten Ekspres

LEBAK-Sebanyak 14 rumah di Kampung Leuwidahu, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak habis terbakar yang diduga akibat korsleting listrik yang berasal dari rumah milik Amran (37), Kamis (26/12) sekitar pukul 01.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran diduga dari arus pendek listrik dari rumah milik Amran yang saat kejadian Amran beserta istri dan anaknya sedang menghadiri pernikahan keluarganya. Sehingga, api yang membakar dengan cepat dan merembet ke rumah warga lainnya hingga membakar 14 rumah semi permanen milik warga.

Camat Leuwidamar Agus Sukanta saat dihubungi membenarkan terjadinya peristiwa kebakaran yang membakar 14 rumah warganya.

Menurutnya, kebakaran rumah terjadi saat warga tengah tertidur. Mendengar teriakan terjadi kebakaran, warga berhamburan keluar rumah dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, karena api begitu cepat merambat ke rumah warga lainnya, sehingga warga kewalahan untuk dapat memadamkan api hingga akhirnya menghanguskan rumah warga yang seluruhnya terbuat dari bambu dan kayu.

“Iya, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 WIB. Percikan api dari korsleting listrik berawal dari rumah Amran yang saat itu sedang kosong ditinggal,” terang Agus Sukanta, Kamis (26/12).

Lanjutnya, beruntung dalam peristiea tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tersebut, warga kini tengah menunggu bantuan logistik dan tenda dari BPBD Lebak.

“Warga korban kebakaran sekarang sedang mengumpulkan puing-puing sisa kebakaran, sambil menunggu kedatangan bantuan logistik dan tenda dari BPBD yang kabarnya sudah disiapkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BPBD Lebak, Kaprawi menambahkan, pihaknya sudah menurunkan relawan BPBD guna membanti membersihkan puing-puing kebakaran serta mendata korban sekaligus memberikan bantuan logistik kebencanaan.

“Sebagian korban ada yang mengungsi ke rumah sodaranya, namun kita akan siapkan tenda pengungsi bagi korban yang mau di tenda pengungsian. Untuk ekrugian diperkirakan mencapai Rp 750 juta untuk keseluruhan,” papar Kaprawi.

Kepala Dinas Sosial Lebak, Eka Darmana Putra mengapresiasi kepada masyarakat Kampung Leuwidahu yang telah bahu membahu turut serta dalam memadamkan kebakaran yang terjadi dini hari tersebut.

“Pemerintah daerah akan berupaya membantu merehabilitasi rumah-rumah penduduk yang terbakar serta kebutuhan pokok yang dibutuhkan masyarakat pasca kebakaran, atas instruksi Bupati InsyaAllah sebelum akhir bulan ini melalui biaya stimulan, rumah-rumah yang terbakar akan segera dibangun kembali,” ungkap Eka. (mg-5/and)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here