Home OLAHRAGA Jelang MotoGP Indonesia 2021, Luncurkan Layout 3D

Jelang MotoGP Indonesia 2021, Luncurkan Layout 3D

0
SHARE
SEGERA: Aksi pebalap dunia MotoGP akan segera hadir dalam gelaran MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, NTB yang baru diluncurkan layout 3D-nya. FOTO: Motogp.com

MOTOGP kembali memamerkan layout dari Sirkuit Mandalika di Lombok yang akan menggelar balapan di Indonesia pada 2021. Meski bukan hal baru, tetapi kali ini MotoGP menunjukkan sirkuit untuk balapan MotoGP Indonesia itu dalam bentuk tiga dimensi (3D).

Menanggapi munculnya video, para warganet Indonesia sudah tidak sabar untuk segera menonton gelaran dua tahun mendatang tersebut. Bahkan pembalap Tim Aprilia yakni Aleix Espargaro juga sudah sangat antusias untuk melakoni balapan di MotoGP Indonesia 2021.

Berbeda dengan Sirkuit MotoGP pada umumnya, lintasan ini akan memiliki tata letak yang mirip dengan sirkuit jalan raya. Walau sempat dikhawatirkan, tetapi Sirkuit Mandalika akan memenuhi standar keamanan FIM dengan tidak menggunakan jalan yang ada dan membentuk area baru. Namun, lintasan bisa digunakan publik saat tidak dibutuhkan untuk balapan.

“Kmai sangat sadar bahwa ketika kami mengumumkan proyek ini ada cukup banyak keraguan tentang konsep sirkuit jalanan,” ungkap Mark Hughes dari MRK1 Consulting, yang menjadi salah satu bagian dalam pembangunan Sirkuit Mandalika.

“Kami harus memperjelas bahwa trek telah dirancang dan akan dibangun standar keamanan FIM yang sesuai untuk MotoGP,” tambahnya.

Sirkuit ini nantinya akan memiliki 19 tikungan dengan total lintasan sepanjang 4,3 km. Beberapa grandstand besar akan menampung 50 ribu penonton, ditambah jumlah kursi lainnya hingga 100 ribu penonton.

CEO Dorna Sports SL-pemegang hak siar MotoGP-Carmelo Ezpeleta dalam kunjungannya Oktober lalu menyebut sirkuit yang dibangun oleh Mandalika Vinci Grand Project sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia. “Sirkuit ini menjadi landmark yang sangat indah,” katanya.

Carmelo Ezpeleta menyebut proyek Sirkuit Mandalika unik. Pertama, lokasinya yang indah, dan kedua, berada di negara yang penduduknya merupakan fans terbesar MotoGP.

Indonesia merupakan pasar utama bagi Dorna karena fans MotoGP yang besar, dengan begitu atmosfernya semakin kuat saat perlombaan dihelat pada 2021 nanti. Motul FIM Superbike World Championship (WSBK), juga bakal digelar di Sirkuit Mandalika setiap tahun. (apw/dtc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here