Home OLAHRAGA Persita Jelang Liga 1: Seleksi Pemain Elite Pro Academy

Persita Jelang Liga 1: Seleksi Pemain Elite Pro Academy

3
SHARE
SEMANGAT: Aksi pemain yang tampil di Liha Askab PSSI Tangerang U-16 semakin semangat dengan akan digelarnya seleksi untuk Persita Elite Pro Academy. FOTO: Askab PSSI Tangerang

SALAH satu syarat keikutsertaan Persita di kompetisi Liga 1 adalah pembentukan tim Elite Pro Academy sebagai wahana pembinaan pemain muda. Dengan dasar itu jugalah manajemen tim Ungu menggelar seleksi awal untuk Elite Pro Academy Persita U-16 yang akan dimuali Sabtu, 4 Januari 2020 hingga Minggu (5/1/2020) dengan menyeleksi pemain lokal dari 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Tahapan seleksi diungkap I Nyoman Suryanthara akan dilakukan empat tahap. Di mana tahap pertama untuk pemain U-16 pemain umum yang berasal dari kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

Tahap kedua dilakukan pada 11-12 Januari 2020 yang dikhususkan untuk pemain SSB se-Kabupaten Tangerang. Selanjutnya seleksi akan dilakukan pada 18-19 Januari yang dialamatkan buat pemain yang berasal dari wilayah Tangerang Raya yakni Kota Tangerang dan Kota Tangsel.

“Terakhir itu seleksi tahap keempat pada 25-26 Januari yang diperuntukkan buat pemain luar Tangerang Raya yakni Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Semua pelaksanaan dilangsungkan di Stadion Mini Solear,” beber Nyoman.

Proses seleksi sendiri akan dilakukan oleh jajaran pelatih Persita yang dikomandoi Widodo Cahyono Putro (WCP) didampingi Wiganda Saputra, Ilham Jayakesuma dan nantinya hasil seleksi akan diserahkan kepada Pelatih Elite Pro Academy U-16 yang rencananya di pimpin Wawan Hermawan.

“Seleksi ini komitmen manajemen Persita yang belakangan banyak mendapat aspirasi dari penggemar Persita menanyakan tim pembinaan usai muda. Selain U-16 kita juga menyiapkan pemain yang akan diorbitkan untuk Elite Pro Academy U-18 dan U-20,” ungkap Nyoman.

Lebih jauh Presiden Klub Persita A. Rully Zulfikar Iskandar menyatakan pembentukan tim Elite Pro Academy di tiga tingkatan usia diharapkan nantinya menjadi pemasok buat tim senior Persita yang berlaga di Liga 1. Ia pun mengisyaratkan agar tim Elite Pro Academy Persita ini bisa meraih hasil pembinaan dalam kurun waktu tiga musim.

“Selain Persita tidak kehabisan bakat pemain berprestasi baik dari lokal Tangerang maupun pemain terbaik di Indonesia lainnya. Kedepan Persita akan memiliki pemain yang punya loyalitas tinggi pada tim yang membinanya, dan ujungnya ini bisa kita jadikan industri sepakbola dimana Persita menghasilkan pemain bagus yang bisa kita jadikan sebagai bagian dari pendapatan untuk mendanai klub,” ujar Rully.

Perlahan tapi pasti Rully menginginkan Persita bisa mengandalkan industri sepakbola seperti halnya di daratan Eropa. Bahkan Rully sangat menginginkan Persita bisa berkiblat pada klub Liga Belanda Ajax Amsterdam yang tak bosan menghasilkan pemain berbakat yang lari diminati klub-klub kaya Eropa. (apw)

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here