Home TANGERANG HUB Prioritaskan Warga di Bantaran Sungai

Prioritaskan Warga di Bantaran Sungai

0
SHARE
PANTAU BANJIR: Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar (dua dari kiri) meninjau lokasi banjir di Kecamatan Cisoka dari luapan Sungai Cidurian, Kamis (2/1). FOTO: Humas Pemkab for Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Kabupaten Tangerang dikepung banjir. Penyebabnya, meluapnya air di Sungai Cisadane, Cidurian, dan Ciumancueri. Menyebabkan ratusan rumah terendam air termasuk salah satu rumah sakit. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, kecamatan terdampak banjir makin luas. Dari awal 7 kini sudah mencakup 12 dari 29 kecamatan.

Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar mengatakan, dari data yang diterimanya ada sekira 30 titik se-Kabupaten Tangerang. Ia menerangkan, banjir diakibatkan meluapnya air di Sungai Cimanceuri, Cisadane dan Cidurian. Dalam penanganan banjir, daerah sepanjang aliran Sungai Cimanceuri dan Cisadane lebih dahulu ditangani. “Karena kedua sungai itu lebih dahulu naik debit airnya. Maka, warga di sepanjang kedua sungai ini menjadi prioritas Pemkab Tangerang. Sore harinya, Sungai Cidurian yang meluap, konsentrasi kita alihkan ke sini setelah debit air di sungai Cisadane dan Cimanceuri surut,” katanya kepada Tangerang Ekspres saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Cisoka, Kamis (2/1).

Zaki menerangkan, jumlah perahu karet yang dimiliki Pemkab Tangerang sebanyak 8 unit ditambah dengan bantuan 3 unit dari Kodim 0510 Tigaraksa dan 6 unit milik Polresta Tangerang. Ia berharap, banjir di daerah hilir Sungai Cidurian tidak separah di Kecamatan Cisoka dan Solear segera surut. “Kalau titik banjir lebih dari 30 titik, dari Cisadane, Cimanceuri, Cidurian dan Kali Sabi. Perahu karet kita terbatas, dibantu dua dari kodim, enam dari polres. Semuanya dipakai. Untuk evakuasi sepanjang alur Cisadane kemarin saja kami sudah kewalahan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here