Home TANGERANG HUB Deteksi Banjir Dengan FEWS, BPPT Siap Pasang di Tangsel Jika Diminta

Deteksi Banjir Dengan FEWS, BPPT Siap Pasang di Tangsel Jika Diminta

0
SHARE
MEGA MENDUNG: Awan hitam menggelayut di langit Kota Tangsel. Awan mengandung hujan ini, menutupi langit wilayah BSD, Kecamatan Serpong, akhir pekan kemarin. Meski tak terjadi, prediksi hujan dan angin besar yang akan terjadi pada Minggu (12/1) membuat sebagian orang was-was terlebih saat menyaksikan awan hitam di atas langit kawasan mereka. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBPT) siap membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel dalam peringatan dini banjir. Yakni dengan, membuatkan sistem peringatan banjir dini atau flood early warning system (FEWS).

Saat ini, BPPT telah memasang sistem peringatan banjir di Bekasi, Sumatra dan sejumlah daerah di luar Pulau Jawa. “Kami siap misal diminta kerja sama membuat sistem peringatan banjir dini oleh pemerintah daerah,” ujar peneliti BPPT Nur Hidayat, dikutip dari Antara, Minggu, (12/1) kemarin.

Nur Hidayat mengungkapkan, alat automatic water level recorder (AWLR) yang dimiliki Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel bukan sistem peringatan dini banjir. AWLR merupakan alat penunjang kinerja DPU Kota Tangsel.

“Di Kota Tangsel belum ada alat peringatan dini banjir. Yang ada, hanya alat pengukuran ketinggian air,” kata dia.

Untuk diketahui, Dinas PU Kota Tangsel memiliki 11 alat AWLR yang dipasang di 11 lokasi berbeda. Fungsinya buat pengerukan sungai, pembuatan tanggul, pengerukan drainase dan lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan, akan mengoptimalkan 11 alat AWLR yang berfungsi buat pengukuran ketinggian air. Alat dikelola Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Kota Tangerang.

“Karena memang hal itu bukan tupoksi kami, tapi di instansi lain,” kata dia.

Sebanyak 118 titik terendam banjir di Kota Tangerang Selatan awal Januari 2020. Banjir yang melanda itu disebut terparah sepanjang Kota Tangsel berdiri. (med/esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here