Home NASIONAL Rp 1,8 M Disita dari Rumah Bupati Sidoarjo

Rp 1,8 M Disita dari Rumah Bupati Sidoarjo

0
SHARE
GELEDAH RUMAH BUPATI: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa sejumlah barang bukti seusai menggeledah rumah Bupati Sidoarjo, di Jawa Timur, Minggu (12/1). Penggeledahaan tersebut untuk mencari barang bukti kasus suap terkait pengadaan proyek infrastruktur yang dilakukan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. FOTO: Antara Foto/Umarul Faruq/ama.

JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah uang baik dalam bentuk rupiah ataupun mata uang asing di rumah dinas Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pada Sabtu (11/1). Plt Jubir KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, mengungkapkan dalam kegiatan penggeledahan tim penyidik menyita uang sekitar Rp 1 miliar.

Selain itu, penyidik menyita uang pecahan mata uang asing antara lain 50 ribu dolar AS dan 64 ribu dolar Singapura. Tak hanya kedua mata uang tersebut, tim penyidik juga menyita sejumlah uang dalam dollar Australia, Euro, Yen, dan lainnya. Dalam operasi tersebut, total uang yang diamankan senilai Rp 1.813.300.000. “Saat ini, masih dalam penghitungan,” ucap Ali saat dikonfirmasi, kemarin.

Dari ruang kerja dan ruang Unit Layanan Pengadaan (ULP) di kantor bupati. Tim penyidik menyita sejumlah dokumen terkait pengadaan proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Diketahui, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di dua lokasi terkait kasus suap pengadaan beberapa proyek di dinas pekerjaan umum dan BMSDA Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (11/1). Penggeledahan dilakukan di kantor bupati dan rumah dinas atau pendopo bupati Sidoarjo.

Lembaga antirasuah menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka kasus suap pengadaan beberapa proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Bina Marga dan Sumber Daya (BMSDA) Kabupaten Sidoarjo. Saiful ditetapkan bersama lima orang lainnya usai tangkap tangan yang dilakukan pada Selasa (7/1) kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here