Home TANGERANG HUB SMP Negeri 4 Dipimpin Plt

SMP Negeri 4 Dipimpin Plt

0
SHARE
SAMPAIKAN PESAN: Kepala Dindikbud Taryono saat memimpin rapat koordinasi dengan kepela sekolah negeri di salah satu restoran di Serpong, kemarin. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Sejak 1 Januari lalu, SMPN 4 Kota Tangsel tidak memiliki kepala sekolah difinitif. Pasalnya, kepala sekolah lama yakni Rita Juwita sudah pensiun dan saat ini diisi oleh pelaksana tugas (Plt) dari SMPN 22 Kota Tangsel, Yanto.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel Taryono mengatakan, untuk sementara Kepala Sekolah SMPN 4 diisi Pelaksana tugas dari Kepala Sekolah SMPN 22 Kota Tangsel, Yatno. “Untuk sementara SMPN 4 dipimpin Plt Kepala Sekolah sampai diisi kepala sekolah definitif,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Kamis (16/1).

Selain SMPN 4, mulai 1 Februari mendatang Kepala SMPN 8 Kota Tangsel yakni Endang Rini juga akan memasuki pensiun. Nantinya, untuk sementara juga akan dipimpin Plt. kepala sekolah berasal dari sekolah lain.
“Yang pasti Plt kepala sekolah SMPN 8 berasal dari kepala sekolah SMPN lainnya,” tambahnya.

Masih menurutnya, untuk mengisi kekosongan tersebut, sudah ada calon kepala sekolah dan seleksi sudah dilakukan tahun lalu. Calon kepala sekolah stoknya sudah serta sudah menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat) dan tinggal dipilih dan dilantik saja.

Untuk pengangkatan guru jadi kepala sekolah harus melalui proses seleksi substansi dan diklat. “Kedua proses ini kita melibatkan lembaga pengembangan dan pemberdayaan sepala sekolah (LP2KS) yang kantor pusatnya ada di Solo, Jawa Tengah,” jelasnya.

Selain SMP, Taryono mengaku saat ini juga ada beberapa SDN yang belum memiliki kepada sekolah definitif. Dindikbud saat ini sedang mempersiapkan untuk diklat calon kepala sekolah tersebut.

Mantan Pegawai Dishub Kota Tangsel ini menuturkan, ada beberapa syarat yang jadi ukuran dalam seleksi calon kepala sekolah. Mulai dari kompetensi strategi pembelajaran (pedagogi), kompetensi sosial, kepribadian dan lainnya. “Ini harus dimiliki calon kepala sekolah agar bisa memimpin sekolah,” tuturnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here