Home NASIONAL Antisipasi Virus Korona, Kemenlu Keluarkan Travel Advice, Belum Keluarkan Travel Warning ke...

Antisipasi Virus Korona, Kemenlu Keluarkan Travel Advice, Belum Keluarkan Travel Warning ke China

0
SHARE
ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS: Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang mengoperasikan alat deteksi suhu tubuh atau "thermoscan" di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (23/1). FOTO: Antara Foto/Nova Wahyudi/Hp

JAKARTA — Kementerian Luar Negeri menerbitkan travel advice bagi warga Indonesia yang berencana bepergian ke China, menyusul penyebaran virus corona.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Judha Nugraha mengatakan, imbauan perjalanan tersebut disampaikan via laman resmi dan aplikasi Safe Travel. Aplikasi Safe Travel dapat diunduh di Play Store maupun diakses melalui laman safetravel.id. “Akan selalu di-update,” ucapnya seperti dilansir Tempo, Minggu (26/1).

Melalui travel advice ini, Kemenlu mengimbau Warga Negara Indonesia (WNI) yang akan berangkat ke China untuk mengikuti perkembangan virus corona. WNI juga diminta untuk menghindari tempat dan kota asal virus tersebut serta tidak melakukan kontak fisik dengan orang-orang yang sedang dalam kondisi batuk, demam, dan sesak napas.

Travel advice umumnya dikeluarkan oleh otoritas terkait suatu negara sebagai bagian kewajiban dan tanggung jawab negara melindungi warganya. Peringatan ini biasanya dirilis untuk merespons sebuah kejadian membahayakan dalam jangka pendek di negara lain.

Meski tak melarang warganya untuk mengunjungi lokasi yang terdata di travel advice, tapi mereka diminta untuk meningkatkan kewaspadaan.

Adapun travel warning adalah larangan perjalanan. Peringatan ini biasanya diterbitkan jika situasi suatu negara dipandang dalam keadaan berbahaya.

Meski penyebaran virus corona telah memakan puluhan korban jiwa, tapi Indonesia masih belum menetapkan status travel warning ke China. Penetapannya ternyata didasarkan pada sejumlah hal.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menerangkan penetapan travel warning ke China didasarkan pada rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan mesti mengacu pada pemberitahuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

“Sampai saat ini, WHO belum melarang kunjungan ke China,” tutur Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah seperti dilansir Tempo, Minggu (26/1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here