Home TANGERANG HUB Didesak Buruh Tolak Omnibus Law Cilaka, DPRD Keluarkan Rekomendasi

Didesak Buruh Tolak Omnibus Law Cilaka, DPRD Keluarkan Rekomendasi

0
SHARE
AKSI BURUH: Buruh yang tergabung dalam Altar mengajak pekerja pabrik di Cikupa untuk keluar dan mengikuti aksi tolak Omnibus Law Cilaka, Rabu (29/1). FOTO: Asep Sunaryo/Tangerang Ekspres

TIGARAKSA – Ratusan demonstran dari Aliansi Buruh Tangerang Raya (Altar) mendatangi gedung DPRD Kabupaten Tangerang, Rabu (29/1).

Mereka pawai dari titik kumpul di Kecamatan Cikupa mengendarai sepeda motor dan mobil bak terbuka dengan pengeras suara. Buruh mendesak dibuatkan rekomendasi penolakan Undang-undang tenaga kerja masuk dalam drafting Omnibus Law Undang-undang Cipta Lapangan Kerja (Cilaka).

Awalnya, aksi berjalan damai dari pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB. Perwakilan demonstran diterima pimpinan dewan untuk bernegosiasi pada pukul 13.00 WIB. Namun, massa memaksa masuk ke gedung DPRD Kabupaten Tangerang guna mendesak percepatan diterbitkannya surat rekomendasi.

Massa diadang petugas kepolisian dan Satpol PP. Sempat terjadi aksi saling dorong dan adu mulut. Namun, situasi mereda setelah pimpinan dewan menemui mereka dan menunjukan surat bukti rekomendasi penolakan Omnibus Law Ketenagakerjaan.

Sebelumnya, elemen buruh dari Altar melakukan sweeping ke beberapa perusahaan di Kecamatan Tigaraksa dan Cikupa. Mereka memaksa keluar para pekerja dari pabrik yang masih beroperasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here