Home TANGERANG HUB Buat Arsip, Siapkan Gedung 8 Lantai

Buat Arsip, Siapkan Gedung 8 Lantai

0
SHARE
KONSTRUKSI DASAR: Sejumlah pekerja melakukan perapian di lokasi pembangunan gedung depo arsip Kota Tangsel. Gedung ini, akan dibangun delapan lantai dan ditarget beres tahun ini. FOTO: Dok. Tangerang Ekspres

CIPUTAT-Pembangunan gedung Arsip pengerjaannya terus dikebut. Sesuai rencana pembangunan gedung dengan 8 lantai ini akan selesai tahun ini. Nantinya, gedung ini akan digunakan untuk menyimpan arsip yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangsel.

Kepala DPAD Kota Tangsel, Wahyudi Leksono mengatakan, saat ini pembangunan gedung sudah sampai lantai 5. Pembangunannya dilakukan oleh Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel. “Pembangunan gedung arsip ini dilakukan secara multiyears dan ditarget selesai tahun ini,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (3/1).

Wahyudi menambahkan, bila gedungnya sudah jadi maka akan digunakan untuk menyimpan semua arsip milik organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Tangsel. Untuk sementara arsip disimpan di pergudangan Taman Tekno dengan menyewa gudang.
“Gudang penyimpanan arsip sementara kita ukurannya hanya 8 meter x 25 meter dan kondisinya sudah penuh dan ini hanya menyimpan arsip milik empat OPD saja,” tambahnya.

Masih menurutnya, arsip yang dikelola adalah arsip statis atau tidak bergerak, yang masih punya masa arsip tapi, sudah tidak digunakan sampai masa aktifnya selesai. Arsip yang tersimpan saat ini ada yang berusia 5-10 tahun yakni sejak Kota Tangsel berdiri.

“Arsip yang di kita ini tinggal menunggu dimusnahkan saja, yakni buat berita acara dan tinggal dimusnahkan,” jelasnya.

Ke depan, ruang penyimpanan arsip akan ditata lebih representatif dan muat lebih banyak. Kedepan juga akan ada klasifikasi untuk permudah pencarian arsip. “Teknologi digital juga akan kita digunakan, meskipun ada manual atau fisik namun, kita tetap akan menggunakan teknologi juga,” tutupnya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here