Home NASIONAL Peringatan Dini BMKG 2 Hari Kedepan, Hujan Lebat dan Angin Kencang

Peringatan Dini BMKG 2 Hari Kedepan, Hujan Lebat dan Angin Kencang

658
0
SHARE

JAKARTA-Dua hari belakangan, hujan turun di sebagian wilayah di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel. Intensitasnya masih rendah. Hari ini, diprediksi ada potensi hujan lebat di Tangerang bagian tengah. BMKG sudah mengeluarkan peringatan dini, bahwa ada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di Kabupaten Lebak bagian timur dan Tangerang bagian tengah. Sementara itu sejumlah wilayah di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang yang dilanda banjir beberapa waktu lalu, belum surut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada periode 6 hingga 8 Februari akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia. Hal tersebut dikarenakan BMKG mendeteksi pertumbuhan bibit Siklon Tropis di Perairan Barat Australia yang bergerak ke arah Barat Daya.

Pada hari ini, Jumat (7/2) potensi hujan lebat berada di beberapa wilayah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, hingga Papua.

Sedangkan esok hari, Sabtu (8/2) beberapa wilayah yang berpotensi mengalami hujan deras disertai angin kencang meliputi Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, serta Papua.

Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana dalam keterangan pers kemarin (6/2) menyebutkan beberapa faktor lain diantaranya karena adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Sumatera. ”Selain itu ada juga sirkulasi siklonik di Samudera Hindia sebelah Barat Kepulauan Nias dan Mentawai. Juga di Perairan utara Maluku Utara,” katanya.

Dalam pantauan beberapa jam terakhir, daerah pertemuan aliran udara (Konvergensi) memanjang di Kepulauan Mentawai, dari Timur Lampung hingga Perairan utara Jawa Tengah, serta dari Laut Sumbawa hingga Laut Flores.

“Beberapa daerah belokan angin yang kami deteksi terdapat di wilayah Sumatera Bagian Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Perairan Utara Sulawesi,” jelasnya. (tau)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here