Home TANGERANG HUB Tak Ikut Tes karena Sakit, Dinyatakan Gugur

Tak Ikut Tes karena Sakit, Dinyatakan Gugur

0
SHARE
Peserta tes seleksi CPNS Kota Tangsel diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 100 soal. FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG-Aturan ketat diterapkan dalam tes seleksi CPNS Kota Tangsel. Sebelum memasuki ruang tes, semua peserta diperiksa menggunakan metal detektor. Tak hanya handaphone dan tas yang dilarang di bawa masuk ke dalam ruang tes. Perhiasan pun dilarang. Anting, kalung, cincin, jam tangan, gelang harus dicopot. Pemkota Tangsel sudah menggelar tes yang dimulai Sabtu (8/2) dan Minggu (9/2).

Aturan ketat lainnya, peserta tes yang tak datang ikut tes karena sakit, tidak ada toleransi. Tetap dinyatakan gugur. Tes seleksi akan berlangsung 8-18 Februari, diikuti 5.766 pelamar. Satu hari dilakukan lima sesi tes. Masing-masing sesi 110 peserta. Apendi mengatakan, hari pertama tes hanya diikuti 491 orang. “Seharusnya ada 550 peserya, tapi 59 peserta tidak hadir dan secara otomatis mereka gugur. Karena tidak ada tes susulan,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Apendi, kepada Tangerang Ekspres, Minggu (9/2). Apendi menambahkan, pada hari kedua, pada sesi kedua, seharusnya ada 220 peserta yang ikut tes. Namun, 14 orang tidak hadir. “Pelamar yang tidak ikut tes, dengan alasan sakit sekalipun tetap dinyatakan gugur, ” kata Apendi.

Ia menegaskan pemeriksaan kepada peserta tes memang ketat. Ini dilakukan agar tidak ada yang curang saat mengerjakan soal. Apendi menambahkan, peserta tes CPNS harus hadir satu jam sebelum tes dimulai. Sebelum memasuki ruangan tes mereka diperiksa menggunakan alat metal detektor. Peserta tidak boleh membawa handphone, tidak boleh menggunakan cincin, anting, kalung, gelang jam tangan dan benda-benda aksesoris lainnya. “Tas yang dibawa juga tidak boleh dibawa masuk ruangan tes dan dikumpulkan pada tempat yang telah disediakan,” tuturnya, kemarin.

“Kalau yang telat datang tidak ada. Karena kalau telat dan sudah waktunya mulai mengerjakan soal, maka sistem pendaftaran online dari BKN otomatis terkunci,” tambahnya. Dalam tes ini, peserta mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit. “Kalau sudah selesai tinggal menuju tenda tempat pendaftaran manual dan melihat nilainya di monitor,” tuturnya. Pada penerimaan CPNS 2019, Pemkot Tangsel mendapat 222 formasi untuk tenaga pendidikan 69, kesehatan 89 dan teknis 64. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here