Home OLAHRAGA Tes Pramusim MotoGP Sepang: Tercepat, Quartararo Belum Puas

Tes Pramusim MotoGP Sepang: Tercepat, Quartararo Belum Puas

0
SHARE
BELUM MAKSIMAL: Pebalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo tampil dominan pada sesi pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. FOTO: MGP

PEBALAP Tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, masih menjadi yang tercepat pada tes pramusim MotoGP 2020 Malaysia hari ketiga, Minggu (9/2/2020) hingga pukul 15.00 WIB. Ia mencatatkan waktu 1 menit 58,349 detik. Namun pebalap Prancis tersebut masih kurang puas dengan pencapaian yang diraihnya selama tes Pramusim.

Praktis tak ada banyak perubahan berarti dalam posisi para pebalap sementara dari jam-jam sebelumnya. Urutan kedua masih ditempati pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow diikuti Alex Rins dari Suzuki Ecstar di urutan ketiga.

Posisi lima besar pun masih diduduki Francesco Bagnaia dari Pramac Ducati dan sang legenda yakni Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha). Sementara pada posisi enam hingga 10, masih ditempati Danilo Petrucci, Pol Espargaro, Jack Miller, Alex Espargaro, dan Joan Mir.

Sementara itu, Marc Marquez yang tercecer di urutan ke-12 masih tetap bertahan di posisi tersebut. Begitu pula dengan Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales yang kurang menunjukkan hasil positif dengan berada di urutan ke-14 dan 18.

Sedangkan test rider Yamaha yakni Jorge Lorenzo juga masih berada di posisi belakang yakni ke-20. Bagi Lorenzo pun ini merupakan tes resmi pertamanya di MotoGP bersama Yamaha setelah memutuskan pensiun pada akhir musim.

Terkait hasil tes pramusim, Quartararo yang akhirnya merasakan juga bagaimana menunggangi motor YZR M-1 edisi 2020 dengan spesifikasi pabrikan. Namun, El Diablo masih perlu tambahan kilometer (km) lagi demi memahami sepenuhnya motor tersebut.

Performa Quartararo pada Tes Pramusim MotoGP 2020 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, sungguh mengesankan. Pria berpaspor Prancis itu mampu memuncaki catatan waktu terbaik dalam tiga hari beruntun. Pada Sabtu 8 Februari 2020, ia mencatatkan waktu terbaik 1 menit 58,572 detik.

Perolehan tersebut lebih tajam 0,373 detik dari waktunya di hari pertama tes ketika masih menggunakan motor edisi 2019. Pada hari kedua ini, Fabio Quartararo mampu menjaga konsistensi catatan waktu ada 1 menit 59 detik selama 26 putaran. Catatan waktu terbaiknya yang dicetak pada putaran ke-63 dari total 72 lap yang dilahap sepanjang Sabtu 8 Februari 2020. Dan itu meningkat pada hari terakhir dimana ia mampu menembus waktu tercepat 1 menit 58,349 detik.

“Kmai masih kekurangan beberapa kilometer lagi untuk memahami motor baru tersebut. Oke, kami mencatatkan 72 putaran, tetapi banyak mengubah  setelah dan perangkat elektronik. Setidaknya kami punya setelan dasar yang sempurna dengan motor ini,” papar Fabio Quartararo, melansir dari Crash, Minggu (9/2/20200.

“Potensi itu sudah terlihat dan mungkin saja hari ini saya dapat berkomentar lebih jernih. Kecepatan puncak saya masih belum banyak peningkatan, tetapi yang penting saya punya mesin yang sama dengan tim pabrikan,” pungkas pebalap berusia 20 tahun tersebut. (apw/dtc)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here