Home TANGERANG HUB Dapat Penghargaan Kemenpan-RB, Kinerja Pemkab Naik Peringkat

Dapat Penghargaan Kemenpan-RB, Kinerja Pemkab Naik Peringkat

0
SHARE
Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar (tengah) didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Moch. Maesyal Rasyied (empat dari kiri) bersama sejumlah kepala dinas, usai menerima penghargaan Sakip dari Kemenpan-RB di Kota Batam, Kepualaun Riau, Senin (10/2). FOTO: Humas Pemkab Tangerang for Tangerang Ekspres

Kinerja instansi di Pemkab Tangerang naik level. Tahun lalu mendapat nilai B, saat ini meningkat menjadi BB dengan mengemas poin 70,13. Penilaian kinerja ini dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Indikator-indikator penilaian ditetapkan Kemenpan-RB melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Atas peningkatkan kinerja ini, Pemkab Tangerang diganjar penghargaan oleh Kemenpan-RB, dalam sebuah acara yang digelar di Radisson Golf Convention Center, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (10/2). Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar. Penghargaan serupa juga diterima pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat.

Seluruh instansi pemerintah telah diwajibkan untuk menyusun laporan kinerja setiap tahunnya. Hal itu salah satu wujud penguatan akuntabilitas kinerja yang merupakan salah satu program reformasi birokrasi. Penguatan akuntabilitas ini dilaksanakan dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP.

Cakupan implementasi SAKIP yang dinilai adalah, perencanaan strategis, termasuk di dalamnya perjanjian kinerja, dan sistem pengukuran kinerja. Kemudian, penilaian terhadap penyajian dan pengungkapan informasi kinerja. Lalu, evaluasi terhadap program dan kegiatan, dan kebijakan instansi/unit kerja yang bersangkutan.

Zaki mengatakan, penghargaan ini menunjukan meningkatnya akuntabilitas pelaksanaan program kerja dan pelaporan pertanggungjawaban pemerintah. Ia mengapresiasi kinerja aparatur sipil negera (ASN) dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Tangerang. “Saya berharap kinerja ini terus dipertahankan dan ke depan akan harus ditingkatkan lagi,” katanya kepada awak media.

Zaki menambahkan, penghargaan pada 2020 ini hasil evaluasi kinerja dan laporan tahun 2019. Kinerja Pemkab Tangerang mendapatkan predikat baik. Menurutnya, pemkab masih memiliki ruang kesempatan untuk meningkatkan predikat di tahun depan. “Kita harap pada laporan 2020 nanti kita sempurnakan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyied menambahkan penghargaan ini memicu motivasi untuk bekerja lebih baik lagi untuk memacu meningkatkan sistem akuntabilitas kinerja. “Alhamdulillah tahun ini predikat kita naik dari B ke BB. Hal ini sesuai arahan dari Pak Bupati. Kita optimistis ke depan akan lebih baik,” kata mantan gelandang Persita Tangerang ini.

Sementara, Menpan-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, penghargaan ini dalam rangka mendorong percepatan implementasi SAKIP. Tjahjo mengungkapkan, konsultasi dan bimbingan teknis serta asistensi dilakukan pada 84 kementerian atau lembaga. Lalu pada, 34 pemerintah provinsi dengan 1.027 OPD serta 514 kabupaten/kota dengan 20.756 OPD pada 2019.
“Bukan hanya penilaian. Namun lebih kepada memetakan tingkat efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran,” ujarnya saat sambutan. Menpan berharap, pemerintah daerah yang mendapat penghargaan dapat meningkatkan akuntabilitas atas kinerja. “Mari sama-sama kita benahi semua. Agar ke depan tata kelola pemerintahan semakin baik,” pintanya. (mg-10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here