Home TANGERANG HUB PPK Terpilih Diumumkan Jumat

PPK Terpilih Diumumkan Jumat

0
SHARE
WAWANCARA: Komisioner KPU Kota Tangsel melakukan sesi wawancara kepada 75 calon PKK dalam Pemilukada Kota Tangsel 2020 di kantor KPU Kota Tangsel, Senin (10/2). FOTO: KPU for Tangerang Ekspres

SETU-Sebanyak 75 calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) Pilkada Kota Tangsel 2020 telah mengikuti wawancara dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel. Tes wawancara dilakukan di kantor KPU Kota Tangsel 8-10 Februari. Dan, sebanyak 35 anggota PPK terpilih akan diumumkan pada Jumat (14/2) mendatang.

Divisi Teknis KPU Kota Tangsel Ade Wahyu Hidayat mengatakan, tes wawancara dilakukan setelah peserta mengikuti tes tulis. “Ada 133 orang yang ikut tes tulis. Namun, hanya 75 orang yang lulus dan mengikuti wawancara,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres, Senin (10/2).

Ade menambahkan, materi wawancara terkait soal tupoksi PPK, sekitar kepemiluan dan sebagainya. Peserta satu persatu dipanggil untuk wawancara di hadapan Komisioner KPU dalam waktu tertentu. Nantinya, tiap kecamatan akan diambil 10 orang berdasarkan peringkat nilai saat wawancara.

“Setelah kita tetapkan 10 besar tiap kecamatan lalu akan kita plenokan. Nantinya lima orang akan dilantik dan lima orang lagi cadangan,” tambahnya.

Masih menurutnya, lima orang cadangan yang dimaksud adalah sewaktu-waktu mereka bisa menjadi PPK bila sesuatu hal terjadi terhadap PPK yang sudah dilantik. Contohnya ketika PPK meninggal, sakit parah dan mundur.
Penetapan 10 besar akan dilaksanakan 14 Februari dan rencananya dilantik 29 Februari. “Jadi ada 35 orang yang akan kita lantik jadi PPK untuk 7 kecamatan,” jelasnya.

Ade mengungkapkan, setelah dilantik proses sepanjutnya adalah bimbingan teknis (bimtek) dan penguatan kapasitaa. Dari 7 kecamatan, peserta wawancara dari Kecamatan Pamulang paling mendominasi dengan 13 peserta dan paling sedikit Serpong Utara 9 orang. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here