Home TANGERANG HUB Pembinaan TIK, Siswa Melek Internet Sehat

Pembinaan TIK, Siswa Melek Internet Sehat

0
SHARE
INTERNET SEHAT: Walikota Airin Rachmi Diany memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa di pembinaan TIK dengan tema, Cerdas dan kreatif menggunakan internet di SDN Pondok Jagung I, Serpong Utara, Kota Tangsel, Selasa (11/2). FOTO: Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres

SERPONG UTARA-Dunia digital kini tak bisa dibendung. Eranya sudah menyentuh hingga kalangan siswa sekolah dasar. Untuk menangkal efek negatif internet, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dasar dan menengah pertama. Tujuannya sebagai literasi digital, sehingga para siswa bisa melek internet sehat.

Dalam roadshow itu, Walikota Airin Rachmi Diany ikut terjun. Ia ingin menjadi ikon internet sehat bagi para calon generasi Kota Tangsel. Seperti dilakukan Airin di SDN Negeri Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, kemarin. Didampingi sejumlah pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) dan Diskominfo Kota Tangsel, Airin berdialog dengan siswa.

Ia mengungkapkan tentang era keterbukaan yang tak bisa terbantahkan lagi. Namun, kata dia, efek dari keterbukaan itu bukan saja citra positif. Melainkan bisa berdampak negatif. Contoh kecil, bila terjadi salah posting yaitu konten yang diposting telah menyakiti orang lain maka, itu akan menjadi persoalan. Orang yang melakukan positing akan berurusan dengan pihak berwajib.

Atau, dampak lain ada pornografi. Baik sebagai objek maupun penikmat ini bisa menjadi buah yang negatif bagi orang yang mengaksesnya. Karena, bisa memunculkan perilaku buruk.

Kepala Diskominfo Kota Tangsel, Fuad mengungkapkan, roadshow internet sehat dilakukan sejak 2018. Pada saat itu, pihaknya turun ke masyarakat melalui sekolah menengah pertama. Kemudian, 2019 juga dilakukan dengan turun ke SD dan SMP dan tahun ini turun ke sekolah dasar.

“Ini untuk memanfaatkan literasi digital. Yaitu, bisa mencari ilmu pengetahuan dari internet. Dan, ini juga diharapkan bisa menambah pembelajaran anak di sekolah,” katanya.

Roadshow ke sekolah adalah untuk memberikan tameng kepada anak-anak dari perkembangan teknologi yang cukup pesat. Jangan sampai, perkembangan teknologi itu menjerumuskan generasi Kota Tangsel. “Kita sampaikan bagaimana agar bisa menangkal hoaks. Kemudian, untuk sesuai yang di posting juga harus lebih dahulu dilihat. Apakah ini ada dampak negatif atau tidak, apakah menyinggung perasaan atau tidak,” paparnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, salah satu fungsi Diskominfo Kota Tangsel adalah, memberikan peningkatan kapasitas di internal juga kemasyarakat. Selain peningkatan di internal juga dilakukan peningkatan kapasitas ekseternal. Mulai dari pegiat UKM hingga siswa di sekolah.

“Untuk UMKM kita coma masuk dalam pembangunan TIK untuk pemasaran,” ujarnya. (mol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here