Home OLAHRAGA Badminton Asia Team Championships 2020: Ditantang India di Semifinal

Badminton Asia Team Championships 2020: Ditantang India di Semifinal

0
SHARE
JUARA: Jonatan Christie menjadi andalan Indonesia untuk menjadi juara pada Badminton Asia Team Championships 2020 yang dilangsungkan di Filipina sekaligus babak kualifikasi Piala Thomas 2020. FOTO: Bio

TIM Bulutangkis Putra Indonesia meraih tiket semifinal Badminton Asia Team Championships 2020, Jumat (13/2) sore usai mengalahkan tuan rumah Filipina dengan skor telak 3-0 di babak perempatfinal. Hasil laga di Rizal Memorial Coliseum membuat Indonesia akan bertemu tim India di semifinal, Sabtu (15/2) sore usai mereka menang dengan skor 3-2 atas Thailand.

Pemain Indonesia menyatakan kesiapannya menghadapi India meski tim lawan memiliki pemain yang cukup komplit disemua sektor. Bahkan buat pebulutangkis penentu kemenangan Indonesia atas Filipina di partai ketiga Jonatan Christie menegaskan kesiapannya menampilkan permainan yang terbaik.

“India memiliki kekuatan yang kuat dan bagus di sektor tunggal. Kami minta doanya agar kami semua bisa menampilkan yang terbaik,” ujar Jojo, sapaan Jonatan Christie.

Namun demikian dikemukakan Hendra Setiawan untuk menang atas India bukan pekerjaan mudah. India punya banyak pemain bagus, jadi tidak akan mudah,” kata Hendra. “Kita harus tampil All Out, karena meski kita difavoritkan juara namun saat ini peluang kita juara dengan negara lainnya sama. Peluang tetap 50-50, imbuhnya.

Pada laga kemarin Indonesia membuka kemenangan lewat Anthony Sinisuka Ginting dengan menyumbang angka pertama bagi Merah Putih. Anthony menang atas Ros Leonard Pedrosa, dengan skor 21-10, 21-16.

Dari awal game pertama, Anthony selalu menguasai jalannya permainan. Walau Pedrosa sempat mendekat, Anthony kembali mengunci perolehan skor dan akhirnya memenangkan pertandingan.

“Pertandingan tadi saya manfaatkan untuk memantapkan lagi mainnya, dienakin lagi di lapangan. Saya nggak mau main-main juga, harus tetap waspada, kan nggak ada yang tahu apa yang bisa terjadi,” kata Anthony.

“Menurut saya, lawan bermain bagus, pertahanannya cukup rapat dan dia ulet juga,” lanjut Anthony.

Kemenangan Indonesia digandakan pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang mengalahkan Peter Gabriel Magnaye/Alvin Morada dengan skor 21-16, 21-12. Usai laga Hendra/Ahsan mengatakan bahwa dari awal mereka tak membiarkan lawan untuk mengembangkan permainan.

“Awalnya lumayan juga, bolanya kencang, jadi kami harus main dengan menekan lawan. Kalau lawan berkembang dan bisa mengembalikan malah buat susah kami sendiri nanti,” kata Ahsan setelah pertandingan.

“Ini pertandingan pertama kami di turnamen ini, jadi kami masih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Terutama shuttlecock-nya karena shuttlecock yang dipakai kencang, jadi harus bisa kontrol, harus mencoba pola kami dulu,” ujar Hendra kepada Badmintonindonesia.org.

Di laga ketiga Jojo mampu meraih kemenangan straight game atas Lanz Ralf Zafra dengan skor 21-11, 21-14 dan membawa Indonesia menang sempurna atas Filipina.

“Kalau dibilang lawan hari ini nggak berat, memang kalau di atas kertas, saya lebih unggul. Tapi saya tidak bisa underestimate lawan. Siapapun itu, harus tetap main maksimal dan tidak boleh santai atau lengah,” kata Jonatan usai pertandingan.

Sementara itu laga dramatis terjadi saat Thailand bertemu India. Itu karena India berhasil melakukan comeback usai tertinggal 2-0 dari Thailand.

Thailand unggul 2-0 usai tunggal mereka Kantaphon Wangcharoen menang dari wakil India Sai Praneeth B 21-14, 14-21, 21-12 serta tunggal putra lainnya Kunlavut Vitidsarn menang dua game atas wakil India Kidambi Srikanth 22-20, 21-14.

Setelah itu pemain India langsung balik menang 3-2 setelah ganda M.R. Rajun/Dhruv Kapila membungkam perlawanan Kittinupong Kedren/Tanupat Viriyangkura dengan skor 18-21, 20-22. Demikian juga di tunggal kedua Lakshya Sen menang atas Suppanyu Avihingsanon 19-21, 18-21.

Pertandingan berjalan sengit di laga kelima saat Maneepong Jongjit/Nipitphon Phuanghuapet bertemu Kidambi Srikanth/Chirag Shetty. Butuh waktu hampir satu jam Kidambi Srikanth/Chirag Shetty sebelum akhirnya menang 15-21, 21-16, 15-21.

Di kategori putri Indonesia gagal melangkah ke babak semifinal usai kalah menghadapi lawan tangguh Jepang di babak perempatfinal. Indonesia kalah dengan skor telak 3-0 kemarin sore. (apw/bio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here